Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Kamu pasti mempunyai beberapa stok ban mobil cadangan yang disimpan untuk keperluan mendadak saat dibutuhkan. Tapi bagaimana caranya membuat ban mobil awet? Menyimpannya ternyata tidak hanya asal diletakan atau ditumpuk begitu saja di rumah. Justru, hal ini yang membuat ban menjadi cepat menurun kualitasnya atau ban mobil tidak awet sebelum dipakai.

Ban mobil harus dirawat dan ada aturannya. Sebagian besar pengguna mobil belum paham cara merawatnya agar lebih tahan lama. Faktanya, faktor lingkungan dan tempat penyimpanan juga bisa mempengaruhi performa ban untuk jangka lama.

Ban mobil awet, Begini Cara Merawatnya

Ban mobil yang dirawat dengan benar, sudah pasti akan awet sebelum digunakan atau bahkan bisa bertahan lebih lama ketika digunakan. Untuk itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar ban mobil awet. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tempat Penyimpanan

Ban mobil yang disimpan di rumah, biasanya sering ditaruh di dalam garasi atau diletakkan sembarangan di gudang. Padahal, kamu juga harus memperhatikan tempat yang tepat untuk menyimpan ban tersebut. Jauhkan ban dari sumber yang dapat merusak lapisan karet ban. Misalnya, pompa air yang memilik efek gas ozon sehingga dapat mengikisnya.

Selain itu, kamu juga harus melindunginya dari cuaca agar tidak terkena sinar matahari dan hujan. Idealnya tempat menyimpan ban harus berada dalam kelembaban pada suhu kamar.

Posisi Meletakan Ban

Ban yang diletakan secara asal-asalan dan berantakan termasuk salah satu faktor yang dapat merusak kualitas ban sebelum digunakan. Ban tanpa velg sebaiknya diletakan dengan posisi vertikal secara berjajaran. Hal ini untuk mempertahankan kekokohan ban ketika akan digunakan.

Selain itu, untuk ban yang sudah terpasang velg sebaiknya diletakan dengan posisi berdiri pada permukaan halus. Kemudian jika ditumpuk tidak boleh terlalu banyak, maksimal 10 buah, jika melebihinya akan berpotensi merusak dinding ban dan meletus saat digunakan. Lebih baik lagi jika ban yang tidak digunakan diisi angin lebih tinggi untuk menghindari ban kempes saat akan digunakan.

Berapa Lama Ban Mobil Dapat Disimpan?

Sebenarnya, ban mobil sudah memiliki kode produksi dari produsen untuk menentukan tanggal kadaluarsa. Namun, jika kamu dapat merawat ban dengan baik maka ban mobil akan awet untuk 4-5 tahun kedepan walaupun belum pernah digunakan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan