Magnetic Clutch AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja dan Penyebab Rusak!

Magnetic Clutch AC Mobil

Magnetic clutch AC mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil yang berbentuk katrol atau pulley. Katrol ini terus menerus berputar mengikuti putaran mesin yang terhubung melalui fan belt. Komponen ini biasa disebut dengan kopling magnet/magnitklat. Komponen ini terdiri dari clutch, pulley, dan spull magnet.

Magnetic clutch berperan dalam menyambung dan memutus putaran kompresor dari putaran mesin. Sehingga ketika kompresor tidak berputar cukup lama, maka AC tidak akan dingin. Namun apabila tekanan freon sudah cukup, maka ECU akan memerintahkan magnetic clutch untuk mati secara otomatis lewat kerjasama sensor tekanan freon.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenal lebih dalam fungsi, cara kerja, dan apa saja sih penyebab kerusakan magnetic clutch. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Fungsi dan Cara Kerja Magnetic Clutch

Fungsi magnetic clutch adalah untuk menghubungkan kompresor dengan putaran mesin, memutuskan hubungan kompresor dengan putaran mesin, dan pengatur kerja kompresor.

Magnetic clutch akan mengatur waktu yang pas untuk kompresor bekerja meski pulley tetap berputar secara teratur pada mesin. Saat kompresor mulai bekerja, tekanan freon akan mengalami peningkatan. Apabila tekanannya semakin tinggi, akibatnya magnetic akan menghentikan tekanan freon tersebut.

Magnetic clutch ini bekerja sewaktu mesin mobil dalam keadaan hidup. Saat mesin hidup, magnetic clutch akan berputar terus menerus mengikuti putaran mesin. Dari putaran tersebut akan tercipta arus listrik pada magnet spool yang menarik center piece dan menekan permukaan gesek pulley. Adanya arus listrik akan membuat center piece mengikuti kompresor berputar dan pulley.

Baca Juga: Ciri-ciri Selenoid Matic Rusak, Solusi, dan Biaya Perbaikan

Penyebab Kerusakan Magnetic Clutch AC Mobil

Setelah kamu memahami fungsi dan bagaimana cara kerja magnetic clutch pada AC mobil. Kini saatnya kamu mengetahui penyebab kerusakan magnetic clutch. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya teman-teman HSR Wheel!

1. Kebiasaan Berkendara

Ketika kamu berkendara dengan kecepatan tinggi pada temperatur AC yang rendah akan membuat part di dalam magnetic clutch menjadi putus nyambung, seperti yang terjadi pada pulley. Hal ini akan membuat clutch AC berputar dan bergesekan secara kasar sehingga pulley menjadi aus dan rusak.

2. Usia Pemakaian

Usia pemakaian bisa menjadi salah satu penyebab kerusakaan pada magnetic clutch. Saat usia magnetic clutch telah menginjak 5 tahun maka lebih rentan rusak meski telah dirawat secara berkala. Meskipun tidak semua magnetic clutch akan rusak setelah 5 tahun apabila dirawat secara teratur.

3. Kecelakaan

Magnetic clutch bisa mengalami kerusakan jika mobil mengalami kecelakaan. Hal ini disebebkan karena benturan-benturan yang membuat beberapa komponen mobil terganggu. Solusinya adalah segera bawa mobil kamu ke bengkel terdekat untuk memastikan kerusakaan yang terjadi pada komponen mobil.

Lantas, apa saja sih dampak dari kerusakaan magnetic clutch? Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Dampak Kerusakaan Magnetic Clutch

Berikut ini dampak yang terjadi jika magnetic clutch rusak:

1. Suhu AC Mobil Menjadi Kurang Dingin

Dampak yang akan terasa apabila magnetic clutch rusak adalah suhu AC menjadi kurang dingin. Sebab kompresor tidak lagi terhubung ke putaran mesin dan membuat freon tidak bisa disalurkan ke AC. Apabila hal ini membuat kamu tidak nyaman, segera bawa kendaraan kamu ke bengkel terdekat agar bisa tau kerusakannya.

2. Kompresor yang Tidak Bekerja

Fungsi utama kopling magnet adalah sebagai penghubung dan pemutus kerja kompresor. Saat kopling magnet tidak berfungsi lagi, otomatis kompresor tidak dapat bekerja secara normal. Sehingga kinerjanya akan menurun.

Kopling magnet yang rusak akan membuat kompresor mengeluarkan bunyi karena adanya suara kasar akibat pergeseran magnet pulley dengan pelat centerpiece. Suara ini muncul karena salah satu komponen yang sudah tidak rata, bisa karena berkarat, dan tidak lagi presisi.

3. Tarikan Gas Mobil Menjadi Lebih Enteng

Saat komponen kopling magnet rusak, beban mesin akan berkurang secara signifikan sebab kompresor tidak bekerja secara optimal. Akibatnya tarikan gas menjadi lebih enteng. Bahkan putaran RPM mesin bisa mencapai angka 1000 RPM  sampai 1.500 RPM.

Cara Mengatasi Kerusakaan Magnetic Clutch AC Mobil

Segera kunjungi bengkel terdekat apabila merasa megnetic clutch kamu menunjukkan indikasi rusak atau bermasalah. Namun, bagi kamu yang ingin memperbaikinya sendiri, berikut caranya!

1.Pressure Plate / Center Piece

Pemeriksaan pada permukaan pressure platenya terdapat minyak atau benda asing yang menempel pada permukaan atau tidak. Meskipun terlihat bersih, tetap saja harus dibersihkan permukaan tersebut tujuannya agar tidak rusak kembali. Sehingga apabila tidak ada yang menempel pada bagian pressure plate maka kerusakaan magnetic clutch bisa diminimalisir.

2. Stator Coil / Spul Magnet

Magnetic clutch juga bisa rusak karena bagian stator coilnya terputus atau terbakar. Sehingga kamu bisa mengganti dengan yang baru.

3. Saluran Listrik

Periksa juga kabel-kabel serta saluran listrik yang menuju magnetic clutch dari baterai, apakah ada kabel yang putus atau tidak. Periksa juga kondisi baterai yang harus dalam kondisi terisi atau lebih meyakinkan lagi jika sistem kelistrikannya dibenahi untuk antisipasi.

Nah meski kamu bisa memperbaiki sendiri, alangkah baiknya untuk tetap ditangani oleh ahlinya. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Harga magnetic clutch di diler mobil sekitar 500 ribu sampai  1 jutaan. Tergantung jenis mobil. Harga ini belum termasuk pada jasa bongkar dan biaya pemasangan. Sehingga biaya total yang dibutuhkan kira-kira bisa mencapai 2 jutaan.

FAQ Mengenai Magnetic Clutch

[saswp_tiny_multiple_faq headline-0=”h3″ question-0=”Apa itu magnetic clutch AC mobil?” answer-0=”Magnetic clutch AC mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil yang berbentuk katrol atau pulley. Katrol ini terus menerus berputar mengikuti putaran mesin yang terhubung melalui fan belt” image-0=”” headline-1=”h3″ question-1=”Apakah magnetic clutch bisa diperbaiki?” answer-1=”Bisa diperbaiki. Harga magnetic clutch di diler mobil sekitar 500 ribu sampai  1 jutaan. Tergantung jenis mobil. Harga ini belum termasuk pada jasa bongkar dan biaya pemasangan. Sehingga biaya total yang dibutuhkan kira-kira bisa mencapai 2 jutaan.” image-1=”” headline-2=”h3″ question-2=”Bagaimana cara kerja dari magnetic clutch pada sistem AC?” answer-2=”Magnetic clutch ini bekerja sewaktu mesin mobil dalam keadaan hidup. Saat mesin hidup magnetic clutch akan berputar terus menerus mengikuti putaran mesin. Dari putaran tersebut akan tercipta arus listrik pada magnet spool yang menarik center piece dan menekan permukaan gesek pulley. Adanya arus listrik akan membuat center piece mengikuti kompresor berputar dan pulley.” image-2=”” headline-3=”h3″ question-3=”Apa penyebab magnetic clutch mati?” answer-3=”Penyebabnya bisa karena usianya terlalu lama, kecelakaan, dan kebiasaan berkendaraan dengan suhu AC rendah saat kecepatan tinggi” image-3=”” count=”4″ html=”true”]

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan