Jenis-jenis Dongkrak Mobil Beserta Cara Kerjanya

Jenis-jenis dongkrak mobil

Dongkrak mobil merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat mobil. Alat ini berguna untuk mengganti ban mobil dan mengecek komponen bagian bawah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi saat ban mobil kempes di tengah jalan.

Cara kerja dongkrak mobil menggunakan mekanisme pengungkit. Sehingga kamu hanya memerlukan sedikit tenaga untuk mengangkat benda yang berat. Alat ini mampu mempermudah proses pengecekan bagian kaki-kaki mobil atau perbaikan mobil.

Ada berbagai macam jenis dongkrak mobil. Berikut ini jenis-jenis dongkrak mobil berserta cara kerjanya yang perlu kamu ketahui. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: 7 Cara Dongkrak Mobil Dengan Benar & Aman

Jenis-Jenis Dongkrak Mobil Berdasarkan Sistem Gaya

Berdasarkan sistem gaya, dongkrak mobil dibagi menjadi 2 macam, yaitu dongkrak mekanik dan dongkrak hidrolik. Berikut ini jenis-jenis dongkrak mobil berdasarkan sistem gaya:

1. Dongkrak Mekanik

dongkrak mekanik
dongkrak mekanik

Cara kerja dongkrak mekanik menggunakan gaya yang berpusat pada roda gigi. Gaya pada roda gigi nantinya akan diteruskan ke bagian batang dongkrak. Tujuannya agar lebih mudah dalam mengangkat benda berat.

2. Dongkrak Hidrolik

dongkrak hidrolik
dongkrak hidrolik

Cara kerja dongkrak hidrolik dalam mengangkat benda berat adalah dengan menggunakan sistem hidrolik. Dongkrak hidrolik berpusat pada gaya yang diteruskan dengan menggunakan perantara zat cair pada bagian dalam dongrak. Sehingga kamu cukup memompa dengan tuas saat mengangkat mobil.

5 Jenis Dongkrak Mobil Beserta Cara Kerjanya

1. Dongkrak Gunting

Dongkrak Gunting
Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting merupakan salah satu jenis dongkrak mekanik. Dongkrak ini tergolong sangat praktis, ringan, perawatannya mudah, dan harganya murah. Cara mudah menggunakan dongkrak gunting, yaitu dengan:

  • Pertama, meletakan dongkark pada posisi yang tepat dan aman.
  • Ambil dan pasang tuas pengungkit ke lubang yang terletak di tepi dongkrak.
  • Putarlah tuas searah jarum jam (kanan) untuk mengangkat dan kiri untuk menurunkannya.

Cara menggunakan dongkrak gunting memang tergolong sangat mudah, namun diperlukan tenaga yang cukup besar agar mobil terangkat. Sebab batang tuasnya yang tipis membuat dongkrak semakin sulit untuk digunakan, apalagi jika kamu tidak terbiasa.

 2. Dongkrak Botol

Dongkrak Mobil Botol
Dongkrak Mobil Botol

Dongkrak botol termasuk dongkrak hidrolik, bukan dongkrak mekanik yang bentuknya mirip botol. Keunggulan dari dongkrak ini adalah bobotnya lebih ringan, ukurannya kecil, dan penggunaannya juga jauh lebih mudah.

Jadi, kamu tidak perlu banyak energi untuk mengangkat mobil menggunakan dongkrak yang satu ini. Untuk ukurannya, dongkrak botol telah tersedia mulai dari 2 ton hingga 100 ton. Selain memiliki ukuran yang kecil, dongkrak ini juga memiliki kelebihan yang lain.

Salah satunya, minyak dalam dongkrak ini mampu meneruskan gaya yang menghasilkan daya angkat. Saat menggunakannya kamu harus bisa menempatkan dongkrak di bawah mobil. Setelah itu, ambil tuas pengungkit dan putar ke kanan penug pada pengunci hidrolik.

3.  Dongkrak Buaya

Dongkrak Buaya
Dongkrak Buaya

Dongkrak ini memiliki bentuk seperti buaya dan tergolong sebagai dongkrak hidrolik. Dongkrak ini dapat digunakan untuk segala medan baik miring maupun tidak rata. Dongkrak buaya dikenal lebih praktis jika dibandingkan dengan dongkrak gunting dan botol.

Dongkrak ini juga bisa digunakan pada semua jenis mobil. Cara menggunakan dongkrak buaya memang sama dengan menggunakan dongkrak botol. Hanya saja, dongkrak buaya mempunyai roda dan dalam posisi rebah yang mengakibatkan dongkrak ini lebih mudah digunakan.

4. Dongkrak Penyangga

Dongkrak Penyangga
Dongkrak Penyangga

Dongkrak penyangga merupakan dongkrak yang sering digunakan oleh bengkel-bengkel untuk manahan bodi mobil. Dongkrak penyangga berbentuk kotak dengan ada sebuh pengungkit yang berada pada salah satu sisi. Cara menggunakan dongkrak ini sangat mudah dan bisa dibawa kemana-mana.

5. Dongkrak Kereta

Dongkrak Kereta
Dongkrak Kereta

Dongkrak kereta banyak digunakan untuk mengangkat mobil yang biasa dipakai pada medan offroad dengan bobot besar. Dongkrak kereta memiliki kapasitas angkat beban sebesar 20 ton. Dongkrak ini kebanyakan dimiliki oleh bengkel-bengkel karena memang bisa digunakan pada medan offroad.

Nah, itu dia jenis-jenis dongkrak mobil berserta cara kerjanya  yang perlu kamu tahu, Diantara ke lima dongkak mobil, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan