Tips dan Manfaat Memanaskan Mobil Matic

Tips dan Manfaat Memanaskan Mobil Matic

Tips dan Manfaat Memanaskan Mobil Matic – Memanaskan mesin mobil matic adalah hal yang harus rutin kamu lakukan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap dalam kondisi optimal. Namun jangan terlalu lama ketika memanaskan mobil matic, cukup beberapa waktu saja untuk melakukan hal tersebut. Mobil matic memang banyak disukai oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Selain nyaman, untuk mengoprasikan mobil matic juga cukup mudah dibandingkan mobil manual.

Tips dan Manfaat Memanaskan Mobil Matic

Ketika memanaskan mobil matic, kamu tidak boleh sembarangan untuk melakukannya. Karena memang proses saat pemanasan ini akan membantu sirkulasi oli pelumas untuk melumuri seluruh sisi komponen pada mesin. Untuk itu, berikut beberapa tips yang aman untuk memanaskan mobil matic yang bisa kamu simak ulasannya di bawah ini :

Cukup Panaskan Mesin Dengan Durasi yang Singkat

Ketika memanaskan mobil matic kesayangan,  jangan pernah memanaskan mobil matic dalam waktu yang lumayan lama. Baiknya, kamu hanya perlu satu menit saja untuk memanaskannya dan itu sudah cukup.

Posisi Transmisi P

Ketika kamu memanaskan mesin mobil, terlebih dahulu pindah posisi transmisi ke posisi P. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari reflek pengemudi saat menekan gas.

Perhatikan Ketika Memindahkan Gigi

Saat memindahkan gigi dari posisi N ke D maka kamu perlu memperhatikan dengan baik. Ketika melakukan akselerasi sebaiknya dilakukan secara perlahan dan tidak langsung dengan mengangkat kaki dari pedal rem. Karena ketika perpindahan transmisi otomatis itu membutuhkan waktu setidaknya satu detik.

Perhatikan Indikator Suhu

Ketika memanaskan mobil matic, kamu juga perlu memperhatikan indikator temperature yang ada pada speedo meter. Untuk mobil bisa digunakan adalah ketika indikator temperature sudah menunjukan posisi minimal sepertiga dari jarum.

Manfaat Memanaskan Mobil Secara Rutin

Manfaat dari memanaskan mesin mobil secara rutin adalah dapat membantu komponen untuk memuai. Ketika komponen mobil tersebut sudah memuai, otomatis komponen tersebut memiliki bentuk yang ideal dan sesuai dengan suhu kerja mesin. Ketika hal tersebut terjadi, maka mesin bisa bekerja dengan sempurna. Dengan memanaskan mesin mobil juga bisa menjaga sirkulasi oli agar cepat merata ke seluruh komponen lain yang ada di dalam mesin.

Ketika memanaskan mesin mobil juga dapat mengurangi potensi kebocoran kompresi. Bagian tertentu pada komponen mesin yang sengaja tidak dibuat presisi. Dan ketika terkena panas mesin mobil, maka komponen tersebut akan menjadi presisi dengan sendirinya. Hal ini mampu mencegah kebocoran kompresi. Dan jika kebocoran ini terjadi, maka akan menyebabkan bahan bakar dan udara tidak terbakar dengan sempurna. Dan ujung-ujungnya akan mempengaruhi tenaga mesin dan tentu saja mobil akan menjadi boros bahan bakar.

Dan itu dia tips dan manfaat memanaskan mobil matic yang mungkin perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuan terhadap mobil matic ini. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan