Cara Membaca Ukuran Ban Mobil yang Benar

Cara Membawa Ukuran Ban Mobil

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil – Sebagai seorang pemilik mobil, ban serep adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan pada saat berkendara. Karena memang pada saat di jalan, ban mobil bisa saja kempes secara tiba-tiba sehingga perlu diganti dengan segera. Sebelum memilih ban serep mobil yang cocok, kamu perlu mengetahui cara membaca ukuran ban mobil agar tidak ada kesalahan pada saat memilih ban.

Perlu diketahui, ban adalah salah satu komponen yang ada pada mobil. Ban juga merupakan satu-satunya komponen yang menempel langsung dengan aspal jalanan. Dengan fungsinya yang krusial tersebut, maka pemilihan ban untuk mobil juga jangan dilakukan sembarangan. Pilihlah ban dengan ukuran yang cocok agar dapat menopang beban maksimum mobil pada saat berkendara.

Selain itu, jenis ban mobil juga perlu kamu perhatikan pada saat ingin membelinya. Karena ban mobil sendiri memiliki beberapa jenis yang dikhususnya untuk mobil tertentu, mulai dari mobil perkotaan hingga mobil yang suka offroad. Lalu, bagaimana cara memilih ban mobil yang cocok dan benar?

Baca Juga : Penyebab Ban Mobil Cepat Aus

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil

Setiap mobil pasti memiliki ukuran ban berbeda-beda, hal tersebut pasti sudah kamu ketahui. Maka dari itu, sebelum melakukan pembelian pastikan dahulu ukuran ban mobil yang kamu miliki. Untuk mengetahui cara membaca ukuran ban mobil yang benar, silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cek Sisi Luar Ban

Cara membaca ukuran ban mobil yang pertama dan paling mudah adalah dengan mengecek sisi luar ban atau bagian telapak ban mobil. Biasanya, pihak produsen ban sudah mencantumkan ukuran dan juga detail ban mereka di telapak ban mobil.

Setiap ban sendiri memiliki kode yang diukir pada bagian luarnya. Kamu bisa melihatnya pada kulit bagian luar ban, terdapat kode berupa deretan angka dan juga huruf. Kode yang tertera di bagian ban ini wajib diperhatikan atau bila perlu dicatat pada saat ingin membeli ban serep atau bahkan mengganti ban agar mendapat ukuran yang cocok dan pas.

Setiap angka dan juga huruf yang tercantum di dinding ban ini mewakili detail ukuran ban. Beberapa angka dan huruf ada yang menunjukan diameter ban, besar tekanan udara, hingga beban maksimal yang dapat ditopang oleh ban itu sendiri.

2. Pahami Kode Pada Ban

Untuk kamu yang masih belum terlalu paham dunia otomotif mungkin akan bingung dengan rentetan kode yang terukir di ban mobil. Untuk mengetahui arti dari ukiran huruf dan angka pada ban, silakan simak di bawah ini.

Dalam poin ini kita akan mengambil contoh ukuran ban mobil dengan kode yang terukir adalah 195/50 R16.

  • Angka 195 yang ada di kode ban mobil tersebut menandakan ukuran lebar dari tapak ban. Ukuran tersebut dihitung dengan satuan millimeter (mm).
  • Selanjutnya ada angka 50 yang berarti tinggi ban. Artinya adalah semakin kecil angka yang tercantum, maka jarak antara tapak ban dengan bibir velg menjadi semakin dekat.
  • Huruf R menunjukkan tipe ban mobil, R artinya adalah Radia. Selain tipe ini, ada juga tipe ban bis, tipe RFT (Run Flat Tyre).
  • Angka 16 adalah ukuran diameter velg mobil yang digunakan dalam satuan inci.

Baca Juga : Ukuran Ban Mobil Lengkap Semua Merek

3. Kode Lainnya

Selain kode di atas, ada juga beberapa kode yang perlu kamu ketahui karena menyangkut detail tentang maksimum beban dan kecepatan maksimumnya. Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

  • Kode angka yang diikuti huruf H seperti 95H. Kode tersebut menunjukkan batasan maksimal beban yang dapat ditahan oleh ban. Untuk angka 95 nya sendiri memiliki arti bahwa masing-masing ban dapat menahan beban maksimum hingga 690 kg.
  • Kemudian untuk hurud H nya sendiri memiliki arti kecepatan maksimum yang dapat ditempuh ban. Kode H sendiri digunakan untuk ban yang dapat bertahan di kecepatan maksimum 210 km/jam. Selain kode H, ada juga kode T yang dapat bertahan 190 km/jam, lalu S di 180 km/jam, dan yang tertinggi adalah Y yang mampu melesat hingga lebih dari 300 km/jam.

Gimana, sampai sini udah mulai paham kan bagaimana cara membaca ukuran ban mobil yang benar dan juga cocok. Kecocokan dalam memilih ban memang sangat perlu diperhatikan, hal ini karena ban merupakan komponen penununjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Ketika ban yang digunakan tidak cocok, maka faktor keamanan dan kenyamanan pun akan terkorbankan dan tentunya cukup berbahaya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan