Ban Tubeless Kena Paku, Begini Cara Mengatasinya

Ban Tubeless Kena Paku

Ban Tubeless Kena Paku – Dari banyaknya jenis ban mobil yang ada, ban tubeless adalah jenis ban yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan versi biasa atau tubetype. Walaupun sama-sama dibuat dengan material karet, namun ban tubeless didesain agar lebih kuat. Lalu, bagaimana apabila ban tubeless tertusuk paku? Bagaimana cara mengatasinya?

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut penjelasan lengkapnya yang bisa kamu simak di bawah ini :

Keunggulan Ban Tubeless

Ban tubeless sendiri hadir dengan keunggulan yang jauh lebih aman selama penggunaannya. Apabila ban tubeless tertusuk paku, maka kamu tidak usah khawatir terkait konidisnya. Karena memang di dalam ban tubeless sendiri terdapat fluid sealant yang akan otomatis merapatkan bagian ban yang tertusuk paku. Selain merapatkan, fluid sealant ini juga memadatkan ban sehingga dapat meminimalisir keluarnya angin.

Cara Atasi Ban Tubeless Kena Paku

1. Gunakan Cairan Anti Bocor

Setiap kamu membeli satu set ban mobil tubeless, biasanya kamu juga akan mendapatkan cairan anti bocor. Cairan ini bisa kamu oleskan pada bagian ban yang tertutuk paku, tunggu sesaat maka cairan tersebut akan menutup lubang yang tercipta dengan otomatis. Namun cara ini bukan hal yang paling tepat untuk dilakukan, karena memang efeknya hanya sementara saja.

2. Langsung Cabut Paku

Banyak orang yang menyarankan untuk tidak melepas benda tajam yang tertusuk pada ban tubeless untuk alasan tertentu. Padahal, hal tersebut buka pilihan yang tepat. Memang pada dasarnya ban tubeless sendiri tidak akan langsung kehilangan angin dalam jumlah yang banyak, berbeda dengan ban biasa.

Namun, kamu juga jangan terlalu lama mendiamkan paku terutusuk pada ban terlalu lama. Apabila dibiarkan begitu saja, bagian ban yang tertusuk tersebut dapat menimbulkan celah seiring bergeraknya mobil. Dan tentu saja akan membuat udara masuk dan merusak lapisan dalam ban tubeless. Lebih parahnya, melalui celah tersebut ban bisa kemasukkan air dan membuat ban menjadi lebih cepat rusak.

3. Bawa Langsung Ban Tubeless ke Bengkel

Cara mengatasi ban tubeless tertusuk paku selanjutnya adalah dengan membawanya ke tukang tambal ban, cara ini adalah cara yang paling tepat untuk dilakukan. Menggunakan cairan anti bocor juga hanya bersifat sementara. Maka dari itu kamu jangan menggampangkan kondisi ban yang tertusuk benda tajam walaupun memang ban tubeless lebih kuat dan kokoh.

Dalam proses penambalan ban tubeless sendiri ada metode khusus yang berbeda dengan versi tubetype. Metode ini terbukti paling tepat dan membuat kualitasnya tetap terjaga, walaupun memang proses pengerjaannya cukup memakan waktu namun jauh lebih baik untuk menghindari kerusakan ban tubeless.

Untuk itulah dengan segera datang ke bengkel tambal ban akan membuat kondisi ban mobil kamu tetap terjaga walaupun tertusuk paku sekalipun.

Dan itu dia cara mengatasi ban tubeless tertusuk paku yang benar dan juga aman agar menjaga kualitas dari ban tubeless itu sendiri. Lakukan langkah di atas dengan benar dan cepat untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan