3 Cara Cek Pajak Kendaraan Secara Online

Cara Cek Pajak Kendaraan

Cara Cek Pajak Kendaraan – Membayar pajak kendaraan adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh seluruh masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Sebelum kamu melakukan pembayaran pajak mobil, maka kamu pasti ingin mengetahui besaran pajak yang perlu dibayarkan itu berapa. Dengan era teknologi yang semakin canggih, kini melakukan pengecekan sudah sangat mudah untuk dilakukan.

Bahkan kini kamu tak perlu lagi mengunjungi samsat secara langsung, hal tersebut dikarenakan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan sudah bisa dilakukan secara online. Baik itu melalui sms, website, dan juga aplikasi.

Lalu, bagaimana cara cek pajak kendaraan melalui online ini? Berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Cara Cek Pajak Kendaraan Melalui Website

Cara pertama mengecek pajak kendaraan adalah melalui website resmi layanan pajak yang sudah terdaftar. Biasanya laman resmi ini dibuat secara resmi oleh provinsinya masing-masing. Dan di bawah ini adalah daftar provinsi yang sudah memiliki layanan website resmi untuk pengecekan pajak kendaraan secara online melalui website. Untuk melihat daftarnya bisa kamu simak di bawah ini :

  1. DKI Jakarta : https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
  2. Jawa Barat : https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
  3. Jawa Timur : https://info.dipendajatim.go.id/index.php?page=info_pkb
  4. Jawa Tengah : http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  5. Riau : https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
  6. Kepulauan Riau : http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
  7. Banda Aceh : https://esamsat.acehprov.go.id/
  8. Sulawesi Tengah : https://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php

Untuk menggunakan layanan tersebut, kamu hanya perlu menyiapkan nomor kendaraan bermotor serta NIK kamu agar bisa mendapatkan informasi pajak kendaraan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Melalui SMS

Tidak hanya menggunakan website saja untuk bisa mengecek pajak kendaraan, namun kamu juga bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui sms. Namun layanan SMS ini memang tidak hadir untuk seluruh wilayah di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan data kendaraan belum seluruhnya terekam. Terlebih beberapa wilayah memang memilih untuk fokus ke website dan aplikasi saja.

Untuk wilayah Jawa Barat, kamu bisa menggunakan layanan cek pajak kendaraan melalui sms ini dengan mudah. Dimana yang hanya memiliki kode plat kendaraan B/D/E/F/T dan Z saja yang bisa menggunakannya. Untuk caranya bisa kamu simak di bawah ini :

Ketik “Info<spasi>Kode plat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri plat nomor<spasi>Warna plat kendaraan”.

Sebagai contoh adalah : Info B/1234/AY hitam

Lalu kirimkan sms tersebut ke nomor 08112119211. Selanjutnya kamu akan mendapatkan balasan sms berupa detail kendaraan, nominal pajak kendaraan yang perlu dibayar, serta jatuh tempo pembayaran pajak.

Cek Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi

Pengecekan kendaraan ini bisa dilakukan melalui aplikasi bernama Samsat Online Nasional atau e-Samsat. Aplikasi ini juga adalah layanan yang diselenggarakan oleh Tim Pembina Samsat Nasional dengan mengikuti aturan berdasarkan perundang-undangan Republik Indonesia terkait pembayaran tahunan online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Di aplikasi ini kamu akan mendapatkan informasi perihal besaran PKB dan juga SWDKLLJ kendaraan yang berkaitan dengan besaran pajak kendaraan. Untuk menggunakannya tentu saja kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut, lalu masukkan data diri dan juga kendaraan.

Ternyata untuk mengecek pajak kendaraan di era modern saat ini sudah sangat mudah berkat adanya 3 layanan online di atas. Tentu saja hal itu sangat membantu pemilik mobil ataupun motor yang tidak bisa hadir secara langsung ke kantor Samsat untuk melakukan pengecekan PKB. Lalu, apakah kamu sudah mencoba layanan tersebut?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan