Perbedaan Mobil Calya dan Sigra Dari Sisi Eksterior

Perbedaan Mobil Calya dan Sigra

Perbedaan Mobil Calya dan Sigra – Setelah tiga tahun hadir di pasar otomotif Indonesia, Toyota dan Daihatsu memberi penyegaran mobil murah kolaborasi mereka yaitu Toyota Calya dan juga Daihatsu Sigra pada 2019 yang lalu. Secara garis besar, tampilan wajah kedua mobil dengan tujuh penumpang ini tampil lebih modern. Hal ini terbukti dari penempatan lampu LED, ada juga beberapa desain bagian samping yang diberi sentuhan tegas, san juga desain grill serta velg mobil terbaru.

Walaupun tampak mirip, dua mobil yang masuk ke dalam jenis Low Cost Green Car (LCGC) ini sebenarnya memiliki banyak perbedaan, khususnya dari sisi luar mobil atau eksterior. Dimana mobil Calya tampil dengan lebih sporty dan untuk Sigra sendiri tampil dengan elegan.

Perbedaan Mobil Calya dan Sigra

Untuk megetahui lebih lengkap mengenai perbedaan mobil Calya dan Sigra Facelift 2019 dari sisi Eksterior, berikut bisa kamu simak di bawah ini :

Emblem

Perbedaan pertama dari kedua mobil ini adalah dari sisi emblem atau lambang yang dipasangkan. Walaupun memiliki tujuan yang sama, namun visi dan misi dari keduanya memiliki sedikit perbedaan. Hal tersebut tampak dengan pemberian identitas yang diberikan pada masing-masing mobil. Toyota sendiri memberikan lambang garuda pada Calya, sebagai penanda bahwa mobil ini adalah LCGS. Sedangkan Sigra menggunakan emblem S yang memiliki ukuran sedikit lebih besar dari Calya.

Grille

Perbedaan kedua adalah pada sisi grille depan mobil. Untuk Calya terbaru tampil lebih sporty dengan grille yang menyerupai Toyota Avanza, begitu juga untuk bumpernya. Bentuk grille nya berbentuk mengalir dari atas hingga ke bawah. Sedangkan untuk Sigra tampil lebih elegan dengan penggunaan grill yang lebar tampak seperti huruf H. Bumper mobilnya juga dibuat lebih tegas dengan mengikuti alur grille tersebut.

Lalu untuk menambahkan kesan agresif, Toyota juga menyematkan lebih banyak warna gelap pada bagian wajah Calya. Sementara Sigra sendiri tampil dengan warna krom yang lebih dominan.

Lampu

Susunan lampu utama pada Sigra dan Calya ini memiliki kemiripan. Keduanya menggunakan model lampu yang bertumpuk, dimana posisi lampu sein berada di bawah lampu utama yang saat ini sudah LED. Namun apabila diperhatikan secara detail, desain dari rumah lampu kabut keduanya sangat berbeda. Untuk calya memiliki rumah lampu kabut berbentuk segitiga yang memanjang ke lampu utama. Sedangkan Sigra memiliki bentuk segitiga siku-siku terbalik dan lebarnya hingga ke bagian grille.

Talang Air

Pada bagian samping mobil, Sigra lebih memiliki detail yang sangat baik karena sudah memiliki moulding berwarna krom pada bagian pintu bawah dan ada talang air. Hal ini tentu saja lebih mempertegas nuansa elegan pada mobil ini. Sedangkan untuk Calya tampil dengan polis dan mengabaikan kedua hal tersebut.

Velg Mobil

Perbedaan terakhir pada kedua mobil ini tampak dari sisi velg mobil yang digunakannya. Keduanya masih menggunakan velg delapan palang dengan ukuran 14 inchi, namun untuk model dan desain velgnya sedikit berbeda. Untuk mobil Sigra memiliki nilai tambah dikarenakan pada keempat rodanya sudah disematkan mud guard.

Sedangkan untuk dibagian belakang mobil tidak terlihat perbedaan yang signifikan. Namun apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, baik Calya ataupun Sigra sudah tampak lebih fresh dan remaja.

Dan itu dia perbedaan mobil Calya dan Sigra dari sisi eksterior yang mungkin perlu kamu ketahui. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk pilihan, semuanya kembali lagi ke selera masing-masing. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan