Kenali Gejala Rem Mobil Blong Pada Mobil

Gejala Rem Mobil Blong

Gejala Rem Mobil Blong – Mobil yang dapat melaju lancar namun tiba-tiba tidak bisa berhenti adalah sebuah petaka yang akan berujung celaka. Oleh karena itu rem mobil dihadirkan untuk mengendalikan laju mobil itu sendiri. Namun, semuanya tentu memiliki usia sesuai pemakaiannya tersendiri, termasuk juga rem yang apabila sudah sering digunakan tentu akan mengurangi kemampuannya. Kondisi terburuk dari hal ini adalah mobil tidak bisa mengerem sama sekali atau biasa disebut dengan rem blong.

Gejala Rem Mobil Blong Pada Mobil

Sebenarnya kamu bisa menghindari hal tersebut apabila memahami beberapa gejala yang disebutkan oleh Daihatsu berikut ini. Untuk mengetahui selengkapnya tentang gejala komponen master rem yang mengalami kerusakan, bisa kamu simak di bawah ini :

Rem Mobil Tidak Pakem

Apabila master rem sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka efek samping yang didapat adalah rem tidak lagi pakem. Sebenarnya kondisi rem tidak pakem merupakan kondisi yang hampir sama dengan rem yang kemasukan angina. Kamu hanya perlu mengocok pedal rem mobil beberapa kali, hal ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi master rem agar dapat bekerja dengan semestinya.

Seringkali penyebab rem tidak pakem ini disebabkan oleh kedua seal master rem yang sudah mulai aus. Namun masih dapat digunakan dan juga tidak sepenuhnya komponen ini rusak. Kondisi seperti ini ditandai dengan adanya rembesan minyak rem di bagian belakang dekat dengan booster rem.

Perubahan Bentuk Seal Rem

Minyak rem adalah elemen yang sangat dibutuhkan untuk memacu tarikan tuas rem. Apabila aliran minyak rem tidak berfungsi dengan semestinya, maka hal tersebut akan memicu rusaknya master rem. Kondisi ini terjadi terjadi ketika seal master tidak lagi mengembang. Seal master rem yang rusak biasanya dikarenakan sudah aus dan terdapat bekas gesekan yang membentuk sebuah garis.

Keadaan ini bisa lebih parah apabila minyak rem boocor dan mentes. Jadi, tuas rem yang dipacu tidak bisa bekerja lagi dengan maksimal untuk menghentikan gaya gerak roda pada kendaraan.

Dinding Rem Berkarat

Dinding rem bagian dalam memiliki fungsi untuk menjaga sistem pengereman agar dapat bekerja dengan optimal dan aman. Komponen ini juga berfungsi untuk melindungi rem dari kotoran yang masuk. Apabila mengalami karat, maka kondisi rem akan memburuk untuk sisi kinerjanya. Hal tersebut dikarenakan muncul sebuah celah yang dapat dimasuki oleh debu, selain debu, dinging yang berkarat juga akan membuat lumpur masuk ke dalam rem.

Kondisi ini tentunya akan merugikan kamu sebagai pemilik kendaraan, karena sistem pengereman otomatis akan terhambat. Untuk menghindarinya, ada baiknya kamu melakukan perawatan kendaraan kamu secara rutin terutama pada komponen rem kamu. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan