Resmi Meluncur, Membuat SIM Online Bisa dengan Aplikasi

Aplikasi Membuat SIM Online

Membuat SIM Online – Kabar tentang pembuatan sim yang akan di online-kan akhirnya tiba juga. Saat ini proses pembuatan ataupun perpanjang SIM dapat dilakukan melalui rumah saja dengan full dibantu sistem online. Membuat sim baru secara online ini dapat terwujud karena langkah Polri yang meluncurkan sebuah layanan digital terbaru dengan nama Sinar (SIM Nasional Presisi) di dalam sebuah aplikasi bernama Digital Korlantas Polri.

Aplikasi Membuat SIM Online

Layanan digital dengan nama Sinar dari Korlantas Polri ini secara resmi diluncurkan pada Selasa, 13 April 2021. Dikutip melalui laman resmi Korlantas Polri menyebut bahwa pemohon perpanjangan SIM saat ini sudah bisa menunggu dari rumah saja hanya dengan memanfaatkan aplikasi Digital Korlantas Polri.

Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati. Mengatakan, untuk metode pembayaran perpanjang SIM dapat dilakukan melalui ATM, M-Banking, atau Internet Banking.

Walaupun layanan untuk pembayaran SIM melalui aplikasi Sinar ini belum seperti E-Samsat yang sudah tersedia metode pembayaran e-commerce hingga minimarket. Namun pihak Korlantas menyatakan bahwa kedepannya akan memperluas jaringan terutama dalam hal metode pembayaran.

Seperti halnya aplikasi Mr. HSR, untuk kamu yang ingin menikmati layanan dari pembuatan SIM baru secara online. Maka perlu mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri yang sudah tersedia di Playstore ataupun App Store.

Karena prosesnya dilakukan secara online, maka aplikasi perpanjang SIM ini bisa diakses dan melakukan pengisian datanya secara online di mana saja. Dan dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mengurus SIM masing-masing.

Kakorlantas sendiri mengatakan bahwa target dari kepolisian dengan aplikasi Sinar saat ini untuk pemohon yang sudah melek teknologi. Hal ini tentu lebih memudahkan karena proses mengurus SIM hanya dilakukan melalui aplikasi ponsel pintar masing-masing.

Namun untuk seseorang atau pemohon yang ingin mengurus SIM dengan datang langsung ke kantor Samsat atau layanan SIM keliling tetap dipersilakan. Jadi bisa dikatakan saat ini masyarakat memiliki dua pilihan untuk membuat SIM, yaitu melalui online atau offline.

Kehadiran aplikasi ini tentu saja sangat membantu para pemohon yang ingin membuat SIM baru atau perpanjang SIM dengan lebih mudah lagi. Dengan aplikasi ini, pemohon tentunya dapat mengisi data hanya melalui rumah dan tak perlu mengantri lagi. Mudah bukan?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan