5 Tips Ampuh Membuat Kabin Mobil Segar dan Harum

kabin mobil segar

Kabin mobil yang memiliki aroma kurang sedap kerap kali membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Apalagi jika kabin mobil penuh penumpang dan sedang melakukan perjalanan jauh. Jika berlama-lama terus akan membuat semua orang yang berada di dalam mobil merasa pusing, mual, hingga cepat merasakan mabuk perjalanan.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, tentu saja kamu harus menjaga aroma kabin tetap segar, harum, dan bebas bakteri dan virus. Berikut di bawah ini tips-tips yang dapat kamu gunakan untuk menghindari bau tidak sedap di dalam kabin mobil.

Kabin Mobil Segar

Bersihkan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara di mobil harus kamu pastikan dalam keadaan baik, misalnya pada ventilasi udara di mobil yang menjadi jalur keluar masuk udara. Jika dalam jangka lama tidak diperiksa akan banyak debu dan kotoran yang mengendap, lama-kelamaan akan menghasilkan bau dan menjadi sarang bakteri dan kuman. Untuk membersihkannya, cukup bersihkan secara rutin menggunakan kuas, sikat halus, atau spons.

Selain membersihkan ventilasi udara, kamu bisa membuka seluruh jendela dan pintu mobil agar udara segar dari luar masuk ke dalam kabin. Kamu bisa melakukannya ketika sedang membersihkan mobil sendiri, beristirahat sejenak di pinggir jalan, atau ketika melintasi daerah yang udaranya sejuk. Hal ini tentu saja akan membuat kabin mobil lebih terjaga kesegarannya.

Bersihkan Kabin dan Karpet Mobil

Kabin mobil yang kotor walaupun sudah diberikan pewangi sekalipun, tetap saja akan menjadi pemicu bau yang kurang sedap. Tak terkecuali pada bagian karpet mobil yang digunakan sebagai alas kaki. Karpet mobil bisa menjadi sarang debu dan bakteri akibat kotoran yang menempel di alas kaki berpindah-pindah.

Maka, bersihkan kabin mobil secara rutin dengan memperhatikan sela-sela mobil yang tak terlihat dan di bawah karpet mobil. Kamu juga bisa mengeluarkan karpet mobil terlebih dahulu dan mencucinya agar karpet tidak menjadi sumber bau di kabin mobil

Gunakan Pengharum Ruangan yang Pas

Memilih pengharum ruangan pada dasarnya memang ditentukan oleh selera masing-masing individu. Akan tetapi, kamu juga harus memilih pengharum ruangan yang pas atau pengharum yang wanginya tidak terlalu menyengat di hidung. Wangi yang terlalu kuat kerap kali menjadi pemicu terjadinya mabuk di perjalanan.

Kamu bisa gunakan aroma-aroma yang tidak terlalu strong agar orang yang berada di mobil terasa nyaman. Kamu bisa gunakan aroma-aroma yang terkesan kalem atau alami seperti wangi kopi, teh, bunga-bungaan, dan aroma kalem lainnya.

Gunakan Essential Oil

Jika kamu ingin aroma-aroma yang menenangkan dan memberikan efek relaksasi saat di perjalanan. Kamu bisa menggunakan essential oil agar kabin mobil tetap harum. Carany cukup gunakan beberapa tetes essensial oil pada diffuser portable, maka aroma minyak atsiri yang harum dan menenangkan tersebut akan menyebar ke kabin mobil.

Jika kamu tidak ingin menggunakan diffuser, kamu bisa meneteskan minyak atsiri tersebut pada bola kapas dan menggantungkannya di ventilasi udara. Hasilnya aroma wangi dari minyak tersebut akan menyebar di kabin seiring masuknya udara.

Gunakan Odor Eliminator

Jika kamu tidak mau repot-repot dan menyukai hal yang simpel untuk membuat kabin tetap segar dan wangi, kamu bisa menggunakan odor eliminator untuk menghilangkan bau tidak sedap seketika di dalam kabin secara instan akibat rokok, makanan, hewan peliharaan, dan yang lainnya.

Caranya pun sangat mudah, sebelum melakukan perjalanan, cukup letakan dan aktifkan odor eliminator di tengah-tengah mobil saat mesin menyala. Tapi ingat, pastikan kaca jendela dan pintu mobil sudah tertutup rapat agar sirkulasi udara di luar tidak masuk, hanya ada di dalam mobil saja. Setelah itu biarkan selama beberapa menit, matikan mesin, dan buka sirkulasi udara. Maka, kabin mobil bisa menjadi segar dan harum secara instan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan