Jadi Ini, 8 Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak!

Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak

Kompresor AC mobil merupakan komponen terpenting di dalam sistem AC. Tugasnya untuk mensirkulasi freon ke evaporator dan kondensor dengan cara menaikan tekanan freon. Tali kipas dari pulley engine yang menggerakan kompresor AC. Kompresor yang bergerak akan menggerakan piston/vane. Kemudian, gerakan piston ini akan mengakibatkan tekanan bagi refrigeran yang berbentuk gas. Sehingga tekanan dan suhunya akan meningkat juga.

Apabila ada salah satu komponen yang rusak, maka akan membuat suhu di dalam kabin meningkat. Hal ini akan mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang saat berada di dalam mobil. Lantas apa saja penyebab kompresor AC mobil rusak? Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya sobat HSR Wheel untuk mengetahui jawabannya!

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter AC Mobil Sendiri

8 Penyebab AC Mobil Rusak

1. Kotoran Menumpuk

Penyebab utama AC mobil rusak adalah karena adanya kotoran yang menumpuk pada koil kondensor. Kotoran yang menumpuk akan menyebabkan AC kesulitan untuk mendinginkan kabin mobil. Sehingga AC harus bekerja lebih eksta. Dengan begitu akan membuat komporesor menjadi terlalu panas dan tidak dapat bekerja secara optimal.

2. Oli Kompresor Habis

Kompresor AC mobil rusak juga bisa disebabkan karena oli kompresor yang habis. Hal ini dikarenakan tugas dari oli kompresor itu sendiri untuk melumasi bantalan-bantalan komponen dari kompresor AC yang saling bergesekan. Nah apabila, oli kompresornya habis akan mengakibatkan performa komponen AC mobil menjadi tidak optimal. Sehingga kompresor kesulitan untuk mengeluarkan udara dingin ke dalam kabin mobil.

3. Kipas AC Mati

Kompresor AC mobil rusak bisa disebabkan karena kipas AC mati. Hal ini dikarenakan kipas AC yang mati bisa membuat freon mengalami over heat. Sehingga mengakibatkan freon menjadi panas dan rentan mengalami kebocoran atau kebisingan.

4. Pipa Saluran Yang Tersumbat

Kompresor AC mobil rusak juga bisa disebabkan karena pipa saluran tersumbat baik oleh kotoran atau benda-benda kecil. Apabila saluran pipa tersumbat akibatnya AC mobil tidak dapat bekerja secara maksimal dan jika tidak diatasi akan mengakibatkan peningkatan tekanan dan suhu. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya overheating dan komponen kompresor AC mobil menjadi rusak.

5. Jumlah Gas Freon Yang Terlalu Sedikit

Kompresor AC rusak juga bisa disebabkan karena jumlah gas freon yang terlalu sedikit. Kurangnya gas freon yang ada di dalam freon akan membuat kerja kompresor lebih keras lagi untuk memompa gas freon keseluruh sistem AC mobil. Akibatnya akan membuat kompresor AC mobil rusak karena harus dipaksa kerja dua kali lipat dari biasanya.

6. Pressure Plate & Pulley Mengalami Kerusakan

Pressure Plate & Pulley tugasnya untuk memberi tekanan pada kompresor dan gas freon agar berubah menjadi udara dingin. Sehingga apabila pulley dan pressure plate mengalami keausan mengakibatkan tekanan gas freon menjadi rendah dan akan menghasikan suara berisik karena adanya gesekan saat AC mobil dalam posisi hidup.

7. Ukuran Pipa Saluran Yang Tidak Sesuai

Kompresor AC rusak dapat disebabkan karena salahnya ukuran pipa saluran. Hal ini dikarenakan ukuran pipa saluran yang terlalu besar atau kecil bisa membuat kompresor AC mobil rusak.

8. Masalah Listrik

Listrik yang bermasalah juga bisa menyebabakan terjadinya penumpukan asam. Akibatkan akan terjadi banyak kerusakan pada bagian sistem pendingin kendaraan selain kompresor. Oleh karenanya, apabila kompresor AC mobil rusak, sebaiknya uji keberadaan asam ini. Apabila kompresor rusak karena pemadaman listrik maka akan membuat seluruh sistem pendingin rusak dan akan sulit untuk diperbaiki.

Nah itu dia, 8 penyebab kompresor AC mobil rusak

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan