Kategori: Berita Otomotif

Kenali 7 Jenis Mobil Berdasarkan Fungsinya (SUV, MPV, Hatchback, dan Lainnya)

Mobil merupakan kendaraan yang cukup membantu dan praktis digunakan untuk berbagai macam kondisi mulai dari hujan hingga cuaca panas sekalipun. Tapi, tahukah kamu? Ada banyak berbagai jenis mobil dengan fungsi yang berbeda-beda. Beberapa orang pasti sudah paham jenis-jenis kendaraan roda empat ini. Tapi, bagi sebagian orang hal ini cukup tabu dan membingungkan.

Jenis-Jenis Mobil Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis mobil yang beredar di Indonesia saat ini, meliputi SUV, MPV, Hatchback, Coupe, Convertible, Sedan, dan Stasion Wagon. Berikut penjelasannya di bawah ini.

SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil SUV merupakan mobil yang dikategorikan sebagai mobil jenis penumpang atau muatan barang. Berdasarkan fungsinya, mobil ini mampu melintasi jalanan dengan berbagai macam medan, seperti on road maupun off road. Bagasi yang dimiliki mobil SUV didesain cukup luas dan bisa menampung banyak penumpang hingga tujuh atau delapan orang.

Walaupun demikian, mobil SUV masih nyaman untuk dikendarai, sebab SUV merupakan mobil gabungan dari Pick up, Jeep, dan Sedan. Mobilnya didesain memiliki jarak yang tinggi dari bodi mobil ke tanah, fitur yang digunakan pun cukup lengkap dengan suspensi yang kokoh dan lembut. Desain eksterior dan interiornya terlihat tangguh namun tetap elegan dengan ukuran bodi dan tenaga yang lebih besar. Mobil jenis SUV adalah Rush, Fortuner, Terios, Pajero, dan yang lainnya.

MPV (Multi-Purpose Vehicle)

MPV disebut sebagai mobil penumpang atau minivan. Mobil ini telah menginspirasi mobil MPV modern dengan tiga baris kursi dengan moncong mobilnya yang panjang. Mobil MPV ini mampu membawa banyak orang dengan kondisi nyaman dengan sisa ruang yang masih luas untuk bagasi. Mobil MPV didesain lebih tinggi dengan ruang gerak yang masih leluasa.

Mobil MPV merupan mobil yang banyak digunakan di Indonesia dengan kapasitas penumpang berkisar lima atau tujuh penumpang. Mobil jenis MPV yang muat tujuh orang adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander. Sedangkan MPV yang berukuran kecil adalah Daihatsu Sigra dan Datsun Go+.

Hatchback

Mobil Hatchback merupakan mobil yang berukuran kecil dengan ruang penumpang yang menyatu dengan bagasi. Mobil ini didesain untuk untuk membawa penumpang dan barang, walaupun bagasinya tidak seluas mobil SUV atau MPV seperti di atas. Kapasitas penumpang yang tersedia pada mobil hachback, umumnya hanya mampu membawa empat hinga 5 orang. Mobil jenis hatchback adalah Honda Brio, Toyota Yaris, Suzuki Swift, dan yang lainnya.

Stasion Wagon

Mobil stasion wagon merupakan mobil yang mirip sedan dengan atap yang diperpanjang sampai bagian belakang. Tujuannya untuk digunakan sebagai bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang yang mirip dengan mobil jenis hatchback, tapi tentu saja berbeda. Sebab, mobil stasion wagon memiliki 4 pilar jendela, sedangkan hatchback biasanya hanya memiliki 3 pilar jendela.

Covertible

Mobil Covertible merupakan jenis mobil yang berukuran kecil dengan bagian atap yang dapat diubah-ubah menjadi kendaraan tertutup ataupun kendaraan terbuka. Umumnya, terdapat dua jenis mobil convertible, yaitu convertible soft top dan hard convortible. Keduanya berbeda dari segi bahan yang digunakan, contohnya soft top menggunakan bahan kanvas atau vinyl.

Sedan

Mobil sedan memiliki desain yang minimalis dengan daya tampung maksimal sebanyak 5 orang. Tipe mobil ini memiliki bodi yang pendek dan memanjang yang membuatnya terlihat mewah dan anggun. Bahkan, mobil sedan sudah cukup lama menjadi pilihan favorit banyak orang.

Coupe

Mobil Coupe umumnya merupakan mobil dengan ukuran kecil yang hanya memiliki dua buah pintu dan jok penumpang, namun beberapa jenis lainnya memiliki empat jok penumpang. Mobil Coupe sendiri ada banyak jenisnya, yaitu nothchback coupe,fastback coupe, liftback coupe, convertible coupe, dan coupe empat pintu. Setiap jenis coupe tentu saja berbeda-beda desainnya.

Pos Terbaru

Inilah Fungsi Lampu Hazard Pada Mobil!

Pada dasarnya, tak jarang banyak pengendara yang masih belum paham mengenai fungsi lampu hazard. Padahal,… Read More

15 menit ago

Mengenal Mobil Nissan GTR R35

Mobil Nissan GTR R35 merupakan salah satu kendaraan keluaran Nissan yang dikenal dengan sebutan Godzilla.… Read More

1 hari ago

Donasi Lawan Corona, Ada Undian dan Lelang Juga!

Kali ini, HSR Wheel bekerja sama dengan kitabisa.com mengajak customer-nya untuk membantu Indonesia dalam memerangi… Read More

2 hari ago

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

4 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

5 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

7 hari ago