Kategori: Berita Otomotif

Inilah Arti Angka Papan Rute Petunjuk Jalan

Pada dasarnya, papan rute petunjuk jalan memiliki arti yang tidak semua orang mengetahuinya. Bahkan, tidak jarang mereka pun bingung dengan arti angka yang tercantum di sana. Padahal, kamu juga perlu untuk mengetahui makna di balik angka tersebut. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Arti Angka Pada Papan Rute Petunjuk Jalan

Nah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bahwa sebenarnya angka-angka yang terdapat pada papan rute petunjuk jalan merupakan bentuk penomoran pada rute jalan nasional.

Bahkan, di dalam nomor SK.930/AJ.401/DRJD/2007 tersebut juga dijelaskan bila nomor-nomor ini diberikan untuk jalan nasional yang merupakan jalan arteri dan jalan kolektro. Di mana, jalan ini termasuk ke dalam sistem jaringan jalan primer. Hal tersebut dikarenakan jalan ini merupakan jalan penghubung antar ibu kota provinsi dan jalan strategis nasional.

Adapun, pada pasal 2 ayat ketiga dalam SK tersebut pun dipaparkan bahwa ruas jalan yang memanjang dari barat ke timur menggunakan nomor ganjil. Nomor ini urutannya dimulai dari ruas jalan utama (jalur Pantai Utara dan jalur Selatan). Selanjutnya, berurutan mulai dari atas ke bawah (Utara ke Selatan). Lain halnya dengan ruas jalan yang melintang. Ruas jalan ini menggunakan nomor genap dengan urutan mulai dari kiri ke kanan (Barat ke Timur).

Selain itu, setiap provinsi memiliki nomor rute jalan nasionalnya masing-masing sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Sehingga tentu saja berbeda antara nomor rute jalan nasional provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Warna Pada Papan Rute Petunjuk Jalan

Nah selain itu, kamu juga perlu mengetahui warna apa saja yang biasanya digunakan pada papan rute petunjuk jalan. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Warna Putih Reflektif

Umumnya, warna ini digunakan sebagai warna dasar pada rambu nomor rute. Termasuk, dipakai juga untuk penggunaan tulisan “NASIONAL” dan “PROVINSI” pada papan petunjuk jalan.

Warna Merah Reflektif

Nah untuk warna merah reflektif ini, biasanya digunakan sebagai warna latar tulisan “NASIONAL” pada papan petunjuk jalan tersebut.

Warna Biru Reflektif

Dalam hal ini, warna biru reflektif digunakan sebagai warna latar tulisan “PROVINSI” yang terdapat pada papan petunjuk jalan.

Warna Hitam Non Reflektif

Warna hitam non reflektif biasanya digunakan sebagai warna angka dan juga garis tepi yang terdapat pada papan petunjuk jalan.

Pos Terbaru

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

2 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

3 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

5 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

5 hari ago

Bengkel Modifikasi Mobil

Melakukan modifikasi sangat lazim dilakukan oleh para pecinta mobil. Selain bertujuan untuk keindahan atau estetika,… Read More

6 hari ago

Inilah 4 Tips Memilih Tempat Kursus Setir Mobil!

Pada dasarnya, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih tempat kursus setir mobil. Apalagi, kamu perlu… Read More

6 hari ago