Cara Mendeteksi Kerusakan Pada Ball Joint

Ball joint merupakan komponen pada kaki-kaki mobil yang memegang peran cukup penting dalam hal kemudi dan suspensi. Komponen yang satu ini terletak pada bagian dudukan roda yang memiliki fungsi untuk membantu suspensi bekerja secara maksimal, sebagai penghubung roda dengan swing arm, serta sebagai penahan roda agar tidak keluar dari sasis.

Ball Joint

Karena itu, ketika komponen tersebut mengalami kerusakan diwajibkan untuk segera diperbaiki atau langsung menggantinya dengan yang baru. Kerusakan yang terjadi pada komponen ini selain membuat kenyamanan berkurang,  juga hal tersebut bisa membahayakan pengendara.

Gejala Kerusakaan Ball Joint

Ball joint yang rusak menyebabkan sudut roda jadi tak terbatas, hal buruk lainnya akibat kerusakan komponen tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, setiap pemilik mobil wajib untuk mengetahui gejala yang timbul akibat kerusakaan komponen satu ini.

  1. Pada saat mobil berbelok, terdengar suara decitan seperti suara gesekan antar besi.

  2. Terdapat suara gludug-gluduh pada roda mobil bagian depan.

  3. Ban aus tidak merata, hanya terjadi pada bagian dalam.

  4. Mobil lebih sulit dikendalikan, biasanya setir lebih menarik ke salah satu sisi.

Bila terjadi gejala tersebut, kemungkinan besar ball joint pada mobil yang kamu miliki mengalami masalah atau kerusakan. Untuk memastikan apakah benar gejala tersebut dikarenakan kerusakan yang terjadi pada ball joint, kamu bisa mengikuti langkah berikut.

Check kerusakan Ball Joint

Langkah Pemeriksaan Apabila Terjadi Masalah;

  1. Dongkrak mobil hingga ban tidak menyentuh permukaan, kemudian tahan dengan menggunakan jackstand.

  2. Setelah itu, pegang sisi atas dan bawah pada roda bagian depan lalu digoncangkan. Apakah roda tersebut goyang, terdapat bunyi gludug, atau terasa ada spasi.

  3. Ulangi cara kedua, namun kali ini ajak orang untuk membantu untuk menginjak pedal rem. Bila terjadi hal yang sama, yakni roda tersebut goyang, terdapat bunyi gludug, atau terasa ada spasi sudah dapat dipastikan telah terjadi kerusakan terhadap ball joint mobil kamu.

Tidak ada batasan tertentu kapan harus mengganti komponen kaki-kaki mobil tersebut.  Dengan mengetahui gejala dan cara melakukan pengecekan terhadap komponen ini, akan memudahkan kamu mengetahui kapan harus menggantinya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan