Ingin Shock breaker Mobil Lebih Awet, Lakukan Hal ini

Shockbreaker merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran sangat vital dalam hal kenyamanan dan keselamatan berkendara selain velg dan ban mobil. Fungsi utama shockbreaker adalah meredam guncangan serta menjaga ke stabilan mobil saat melintasi jalan yang bergelombang atau tidak rata.

Shock breaker Mobil

Berapa Lama Usia Pemakaian Shock Breaker Mobil

Komponen yang satu ini tidak bisa ditentukan berdasarkan usia pakai, panjang atau pendeknya usia pemakaian shock breaker sangat bergantung pada bagaimana kamu merawat kondisinya. Dengan perawatan yang benar shockbreaker bisa lebih awet bahkan mampu bertahan lebih dari 7 tahun. Namun dalam kondisi tertentu, usia pemakaian shock breaker mobil bisa jauh lebih pendek.

Untuk menjaga shockbreaker lebih awet dan selalu dalam kondisi prima, lakukan hal berikut:

Hindari Jalan Yang Bergelombang atau Tidak Rata

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah, sebisa mungkin menghindari jalan yang rusak, bergelombang, tidak rata atau berlubang. Namun, bila jalur yang biasa kamu tempuh memiliki kondisi jalan yang rusak tersebut usahakan melaju dengan kecepatan serendah mungkin. Hal tersebut bertujuan untuk membantu meringankan kerja shockbreaker dalam meredam goncangan.

Tidak Membawa Beban Yang Berlebihan

Sama seperti velg dan ban mobil, shockbreaker juga memiliki batas maksimal kemampuan membawa beban. Beban yang terlalu berat, bisa membuat shockbreaker jadi cepat rusak dan kehilangan daya pegas.

Periksa Karet seal Shock Breaker secara berkala

Karet seal yang berada pada tabung shockbreaker berfungsi untuk menghindari kotoran masuk kedalam tabung. Pastikan kondisi karet tersebut selalu dalam keadaan baik. Segera ganti karet seal tersebut bila mengalami kerusakan atau sobek.

Suzuki Ertiga Dengan Velg HSR Wheel

Gejala Kerusakan Pada Shock breaker

Selain mengganggu kenyamanan berkendara, kerusakan yang terjadi pada komponen yang satu ini bisa membahayakan keselamatan pengemudi dan orang lain disekitarnya. Tercatat banyak kecelakaan mobil yang terjadi akibat shock breaker mobil yang rusak atau sudah tidak layak untuk digunakan.

Untuk menghidari hal tersebut, berikut gejala yang biasa dirasakan ketika shockbreaker mengalami kerusakan atau sudah tidak layak untuk digunakan;

  • Merasakan guncangan yang lebih keras dalam perjalanan
  • Setir lebih sulit dikendalikan
  • Sistem pengereman tidak berjalan dengan baik
  • Terjadi kebocoran cairan oli
  • Ban aus tidak merata
  • Level atau ketinggian mobil tidak seimbang
  • Kondisi fisik shock breaker tidak sempurna atau cacat

Dengan mengetahui gejala tersebut, kita bisa bisa segera mengantisipasinya dengan memperbaiki ataupun mengganti dengan shockbreaker baru.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan