Shock Breaker Mobil Wajib Diganti

Shock Breaker Mobil

Shock Breaker Mobil Wajib Diganti – Dalam hal kenyamanan berkendara, peran bagian ini sangat penting. Shock breaker merupakan salah satu bagian dari suspensi kendaraan yang berfungsi meredam guncangan ketika mobil melaju pada lintasan yang bergelombang atau tidak rata dan juga menjaga keseimbangan mobil. Karena itu, komponen ini harus selalu dalam kondisi yang baik.

Komponen Shock Breaker

Tidak ada batas pasti mengenai usia pemakaian komponen ini. Kalau dalam pemakaian mobil lebih sering melintasi jalan yang bergelombang atau tidak rata, usia pemakaian shock breaker lebih pendek sekitar 3 hingga 4 tahun. Namun, bila mobil hanya digunakan pada jalan yang mulus usia shock breaker bisa mencapai lebih dari 10 tahun.

Gejala yang Ditimbulkan, ketika Shock Breaker Perlu Diganti;

  • Merasakan guncangan yang lebih keras dalam perjalanan dan setir lebih sulit dikendalikan.

  • Sistem pengereman tidak berjalan dengan baik.
  • Terjadi kebocoran cairan oli.
  • Ban aus tidak merata.
  • Level atau ketinggian mobil tidak seimbang.
  • Kondisi fisik komponen tidak sempurna atau cacat.
Mobil Jalan

Saat mengalami gejala tersebut, disarankan untuk segera memperbaiki atau mengganti komponen ini, pada mobil kamu. Kondisi yang sudah tidak layak untuk digunakan akan mengganggu kenyamanan berkendara, dan juga bisa mengancam keselamatan pengemudi serta orang disekitarnya. Bahkan berdasarkan catatan kepolisian, banyak kecelakaan yang terjadi akibat kondisi shock breaker mobil yang sudah tidak layak pakai.

Cara Merawat Shock Breaker;

  1. Turunkan kecepatan saat melintasi jalan yang tidak rata, berbatu atau melewatin polisi tidur.

  2. Bersihkan kotoran seperti debu, butiran pasir, serta lumpur yang mengeras.

  3. Jangan terlalu sering membawa beban yang berlebihan.

  4. Pastikan karet seal pada dalam kondisi baik (tidak sobek).

Tidak hanya komponen ini saja, setiap bagian dari mobil memilik peranan yang cukup penting. Karena itu, bagi setiap pemilik mobil diwajibkan untuk selalu memperhatikan setiap komponen mobil dan melakukan perawatan dengan baik agar mobil yang dimiliki selalu berada dalam kondisi dan performa yang baik. Cek berkala mobil kamu, terutama ketika sedang ingin digunakan untuk perjalanan dengan jarak jauh.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan