Kenali Komponen Kaki-kaki Mobil dan Fungsinya

Setiap bagian mobil memiliki fungsi yang berbeda untuk mendukung performa mobil tersebut, termasuk bagian kaki-kaki mobil. Biasanya para pemilik kendaraan tidak terlalu diperhatikan, padahal bagian tersebut memiliki peran yang sangat vital. Bagian ini berperan sebagai penopang beban seluruh bagian mobil dan menjadi faktor penentu dalam hal keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Komponen Kaki-kaki Mobil dan Fungsinya

Komponen kaki-kaki mobil

Bagian kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa komponen yang berfungsi untuk menunjang kinerja komponen lainnya. Bila salah satu komponen tersebut mengalami masalah atau rusak, maka komponen lainnya akan mengalami dampaknya. Untuk bisa melakukan peratan dengan baik, hal yang perlu dilakukan adalah mengenali komponen kaki-kaki mobil tersebut dan juga fungsinya.

Roda Mobil

Roda mobil terdiri dari ban dan velg yang berfungsi sebagai penahan beban mobil secara keseluruhan, meneruskan tenaga dari mesin, meneruskan fungsi kemudi dan sebagai peredam guncangan awal sebelum kemudian di lanjutkan oleh suspensi. Selain itu, desain velg mobil yang cukup bervariasi juga mampu meningkatkan gaya dan tampilan mobil.

Suspensi

Shock Breaker Mobil

Suspensi berfungsi sebagai peredam guncangaan saat mobil melaju dijalan yang bergelombang atau tidak rata. Suspensi juga terbagi menjadi 2 type; yakni type rigid dan independent.

Bearing Roda

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai bantalan pada roda mobil yang berguna untuk memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar atau as roda. Tanpa bearing, roda akan mengalami panas yang berlebih, bergetar dan memungkinkan komponen putar pada roda tersebut patah.

Bhusing

Bushing Mobil

Bushing arm merupakan salah satu komponen yang seringkali dilupakan, padahal memiliki fungsing yang sangat penting. Fungsi dari komponen yang berbahan karet ini adalah sebagai penghubung arm dengan sasis roda untuk mengindari terjadinya singgungan antar logam.

Tie Rod

Tie rod

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai penerus putaran kemudi sehingga roda mobil bisa berbelok kearah kanan atau kiri. Dalam sistem kemudi tie rod terbagi menjadi 2 bagian, yakni inner tie rod/rackend dan tie rod end/long tie rod. Untuk ukuran tie rod baik panjang ataupun ulir untuk penyambungnya tidak sama pada setiap mobil.

Ball Joint

Ball Joint

Komponen yang satu ini terletak pada dudukan roda, yang berfungsi sebagai penghubung antara swing arm, menahan roda agar tidak terlepas dari sasis, serta membantu suspensi bekerja lebih maksimal. Ball joint merupakan komponen yang sangat rentan rusak. Gejala paling terasa akibat kerusakan ball joint ini adalah setir menjadi lebih sulit untuk dikendalikan.

Kerusakan dari salah satu komponen kaki-kaki mobil tersebut, kenyamanan dalam berkendara akan terganggu. Melihat pentingnya peranan dari komponen tersebut, memerlukan perawatan yang baik serta perhatian ekstra. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan perlu juga memahami gejala terkait kerusakan kompnen kaki-kaki mobil tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan