Alarm Mobil Bunyi Sendiri? Cek 5 Hal Ini

Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Pernahkah kamu mengalami kondisi di mana alarm mobil bunyi sendiri? Jika pernah, maka kamu tidak sendirian. Ada sejumlah pemilik mobil juga yang memang mengalami kondisi menyebalkan ini, sudah coba untuk dimatikan namun tidak kunjung berhasil.

Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Bunyi dari alarm mobil ini tentu saja cukup mengganggu kenyamanan sekitar terlebih pada saat malam hari ketika sedang beristirahat di rumah. Perlu kamu ketahui, ada beberapa penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini :

Pintu Mobil Tidak Rapat

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri yang pertama adalah karena pintu mobil yang tidak ditutup dengan rapat. Kondisi ini yang menyebabkan alarm mobil secara tiba-tiba bunyi. Karena memang alarm mendeteksi sinyal dari pintu sebagai bagian dari sistem keamanannya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa memanfaatkan sensor lampu pada mobil, silakan aktifkan lampu pada posisi door. Dengan mengaktifkan lampu ini, maka kamu bisa tahu apakah pintu mobil sudah menutup dengan sempurna atau belum. Apabila lampu masih menyala pada saat pintu sudah ditutup, itu artinya masih ada pintu yang belum tertutup dengan rapat. Sensor lampu akan mati apabila pintu mobil seluruhnya sudah menutup secara sempurna.

Sensivitas Modul Alarm

Penyebab alarm mobil bunyi tanpa berhenti selanjutnya bisa dikarenakan dari salah satu komponen di dalamnya, yaitu modul alarm. Modul alarm sendiri berfungsi untuk menangkap getaran yang ada di sekitar mobil. Getaran ini bisa dalam bentuk suara, mobil lain, hingga gerakan objek yang melintas di sekitar mobil.

Semakin tinggi tingkat sensitivitas modul alarm, maka semakin tinggi juga kepekaan dalam menangkap getaran yang ada di sekitar mobil. Getaran kecil yang melintas pun bisa membuat alarm menjadi bunyi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menurunkan tingkat sensitivitas dari modul alarm mobil itu sendiri.

Daya Baterai Central Lock Habis

Central lock merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengunci seluruh pintu mobil hanya dari satu sakelar. Namun, central lock sendiri bisa menjadi salah satu penyebab alarm berbunyi sendiri. Hal ini terjadi ketika central lock mengalami kehabisan daya baterai. Apabila daya baterai habis, maka pemilik perlu membuka pintu mobil secara manual. Inilah yang kemudian menjadi penyebab alarm mobil bunyi terus menerus.

Cara mengatasinya tentu sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan baterai yang ada di central lock. Ada baiknya lakukan penggantian baterai ini sebelum seluruh dayanya habis agar tidak perlu membuka pintu secara manual dan membuat alarm bunyi terus menerus.

Komponen Alarm Rusak

Penyebab selanjutnya yang menyebabkan alarm bunyi sendiri adalah dari sistem alarm yang ada salah satu komponennya mengalami kerusakan. Lakukan pemeriksaan pada sistem alarm untuk mendeteksi kerusakan tersebut.

Kerusakan komponen ini akan menyebabkan sistem alarm tidak bekerja secara maksimal. Dampaknya, alarm akan mengeluarkan bunyi disaat waktu yang tidak tepat. Untuk mengatasi hal ini maka ada baiknya segera lakukan penggantian terhadap komponen alarm yang rusak. Pastikan juga untuk menggunakan suku cadang yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil.

Sensor Kap Mesin Rusak

Sensor kap mesin yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab alarm mobil bunyi sendiri. Sensor kap mesin yang rusak ini akan menganggap kap mesin mobil selalu dalam kondisi terbuka. Sinyal sensor yang membaca kap mesin terbuka ini tentu akan mengakibatkan alarm bunyi secara terus menerus.

Kondisi ini bisa kamu atasi dengan membuka dan juga menutup kap mesin. Selanjutnya silakan tekan tombol gambol (kunci) pada remot mobil. Dan ketika cara ini tidak berhasil, maka kamu perlu mengganti sensor yang rusak tersebut dengan yang baru.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan