Mengenal MIVEC, Mesin Mobil Mitsubishi Terbaik

Mesin Mobil Mitsubishi

Mesin Mobil Mitsubishi – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) selalu mengembangkan teknologi-teknologi terbaru pada kendaraan produksinya. Salah satunya adalah teknologi yang bernama MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System). Teknologi ini adalah sebuah nama yang diberikan untuk semua mesin mobil Mitsubishi yang sudah dilengkapi dengan mekanisme pengaturan valve-timing. Atau waktu bukaan katup udara dalam mesin yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis.

Mesin Mobil Mitsubishi

Teknologi MIVEC ini  juga dibuat dengan tujuan agar menghasilkan tenaga lebih besar. Lalu konsumsi bahan bakar yang efisien, dan juga emisi gas yang dibuang menjadi rendah. Sekaligus mampu menjaga keberlangsungan lingkungan.

Mesin MIVEC sendiri hadir dan digunakan pertama kali pada tahun 1992 pada mobil Mitsubishi Mirage. Dan sejak saat itu juga Mitsubishi selalu mengembangkan dan menambahkan sejumlah perangkat tambahan agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik. Hasil dari perkembangan tersebut adalah Mitsubishi Motors mampu mengembangkan MIVEC menjadi mesin All New MIVEC. Mesin ini mampu mengendalikan intake valve dan besarnya valve lift pada waktu yang bersamaan sepanjang waktu.

Untuk mobil Mitsubishi yang ada di Indonesia sendiri ada juga yang sudah menggunakan teknologi MIVEC. Diantaranya adalah model Small MPV Mitsubishi Motors, Mitsubishi Xpander yang dibekali dengan mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 105 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dan juga torsi maksimum sebesar 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Mobil lainnya ada Mitsubishi Outlander Sport. Mesin mobil ini berbeda dengan Xpander, mesin pada Outlander Sport adalah 4B11 16 Valve MIVEC DOHC yang berkapasitas 2.000 cc. Mesin ini mampu menghasilkan power maksimul hingga 150 Ps pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 197 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Lalu mobil lainnya yang menggunakan teknologi MIVEC ini adalah Mitsubishi Eclipse Cross yang menggunakan mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L yang sudah dilengkapi dengan Turbocharged. Dengan begitu mobil ini memiliki torsi yang lebih bertenaga pada RPM rendah – menengah. Dengan mesin empat silinder, Eclipse Cross mampu memuntahkan tenaga maksimum hingga 150 Ps pada putaran mesin 5.500 Rpm dan torsi maksimum hingga 250 Nm pada putaran mesin 2.000 – 3.500 rpm.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan