Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Katana Terlengkap

kelebihan dan kekurangan Suzuki Katana

Suzuki Katana merupakan salah satu mobil SUV yang masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Mobil ini sempat berjaya di era tahun 1990 sampai awal 2000an. Suzuki Katana hadir dalam dua tipe, yaitu Suzuki Katana GX dan Suzuki Katana DX. Perbedaannya, Suzuki Katana DX belum dilengkapi dengan power steering, menggunakan velg kaleng, dan bangku depan yang berhadapan. Sedangkan untuk tipe GX telah menggunakan power steering, AC, velg alloy, dan jok belakang yang menghadap depan.

Mobil ini banyak diburu oleh para pencinta offroad karena bodi mobilnya sangat mungil dan gagah perkasa. Ditambah harganya juga masih terbilang murah. Harga mobil bekas Suzuki Katana hanya sekitar Rp 30 juta hingga 70 juta. Namun, akhir-akhir ini harga mobil bekas Suzuki Katana mengalami kenaikan karena alasan orisinalitas serta modifikasi yang telah dilakukannya. 

Nah, sebelum membelinya sebaiknya kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Suzuki Katana. Agar kamu tidak kecewa. Simak artikel di bawah ini mengenai kelebihan dan kelemahan Suzuki Katana sampai tuntas ya sobat HSR Wheel!

Kelebihan Suzuki Katana

1. Irit BBM

Kelebihan yang pertama adalah Suzuki Katana terkenal sebagai mobil SUV yang irit BBM. Hal ini dikarenakan Suzuki Katana telah menggunakan mesin bensin berkode F10A dengan kombusi karburator berkapasitas 970 cc, 4-silinder, 8 katup SOHC yang juga sama persis dipakai Karimun Kotak, Carry 1.0, dan Forsa.

Akibatnya 1 liter bensin dapat menempuh jarak 12-14 km. Menurut Desianto F.W, anggota Katana Owner Club (KOC), 1 liter bensin untuk menempuh jarak 12-14 km merupakan hal yang normal. Borosnya BBM biasanya disebabkan karena kondisi mesin mobil yang sudah tidak bekerja secara optimal.

Baca Juga: Cara Menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) Pada Mobil

2. Mudah & Nyaman Dikendarai

Kelebihan selanjutnya Suzuki Katana GX mudah digunakan karena telah menggunakan power steering, AC, dan velg alloy. Selain itu, Suzuki Katana juga memiliki bentuk yang mungil sehingga mudah bagi orang awam untuk mengendarainya. Namun, Suzuki Katana hanya tersedia transmisi manual saja. Sehingga jika ingin menggunakannya harus paham bagaimana cara berkendara mobil transmisi manual.

Baca Juga: Cara Belajar Mobil Manual Hanya Dengan 4 Langkah

3. Perawatannya Mudah Dilakukan

Kelebihan lainnya dari Suzuki Katana adalah perawatannya yang mudah dilakukan karena menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc 4 silinder yang masih menggunakan karburator. Sehingga untuk merawatnya hanya perlu membersihkan bagian karburator saja. Contohnya hanya dengan membersihkan atau mengganti filter bensin agar suplai bahan bakarnya menjadi lancar. Selain itu, sparepart Suzuki Katana juga mudah ditemukan pada marketplace atau bengkel-bengkel yang terdekat.

Kekurangan Suzuki Katana

Selain memiiki kelebihan, Suzuki Katana juga memiliki kekurangan. Berikut ini kekurangan dari Suzuki Katana yang perlu kamu tahu sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

1. Kabin Mobil Terlalu Sempit

Kekurangan Suzuki Katana dilihat dari bentuk bodi mobil. Dimensi yang mungil membuat kabin mobil Suzuki Katana menjadi sempit terutama pada bagian ruang kaki dan kepala. Selain itu, mobil ini hanya bisa menampung 4 orang saja. Sehingga tidak cocok digunakan oleh orang-orang yang memiliki jumlah anggota keluarga cukup banyak.

2. Suspensinya Terlalu Keras

Kekurangan Suzuki Katana yang selanjutnya, masih menggunakan leaf spring. Mengakibatkan suspensi mobilnya masih terlalu keras. Sehingga akan membuat pengemudi merasakan guncangan saat berada pada kondisi jalanan yang tidak mulus.

3. Peredam Suara Kabin Masih Kurang

Kekurangan Suzuki Katana yang selanjutnya adalah datang dari peredam suara kabin mobil yang buruk. Sehingga akan membuat penumpang masih bisa mendengarkan suara mesin yang bising dan suara yang berasal dari luar.  Sehingga, kamu butuh membeli peredam suara agar tidak mengganggu perjalananmu. Karena semakin kencang kamu mengendarainya maka akan semakin terdengar jelas suaranya.

4. Mesin Mobil Yang Masih Kurang Bertenaga

Kelemahan dari Suzuki Katana yang selanjutnya adalah mesin mobil yang masih kurang bertenaga. Suzuki Katana masih menggunakan mesin mobil 1000 cc. Kecepatan maksimal dari mesin ini hanya sekitar 80-100 km/jam. Sehingga tidak cocok digunakan untuk berada di tol.

5. Fitur Booster Rem Tidak Ada

Suzuki Katana belum menggunakan booster rem. Akibatnya pengemudi memerlukan energi yang lebih saat menginjak pedal rem. Booster rem berfungsi untuk membantu memberikan keringanan pada pengemudi saat menginjak pedal rem. Dengan adanya booster rem, membuat pengemudi saat menginjak pedal rem tidak lagi memerlukan banyak energi.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan Suzuki Katana yang perlu kamu tahu. Semoga artikel bisa menjadi pertimbangan kamu ya sebelum memutuskan membeli mobil Suzuki yang satu ini!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan