Perhatikan Hal ini Saat Memilih Ban Mobil

Ban merupakan komponen penting yang dimiliki oleh sebuah mobil, dimana komponen ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyamanan berkendara. Karena itu, kita tidak bisa memilih ban secara asal-asalan. Memilih ban mobil secara asal-asalan, bisa mengurangi kenyamanan dari kendaraan, bahkan bisa membahayakan pemilik kendaraan.

Tips Memilih Ban Mobil

3 Tips Memilih Ban Mobil

Sebelum membeli sebuah ban untuk mobil yang anda miliki, terlebih dahulu anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Dimana hal tersebut berkaitan dengan kecocokan serta kebutuhan anda dalam berkendara menggunakan mobil yang anda miliki.

Ketahui Jenis Ban Mobil

Pada dasarnya ban mobil memiliki beberapa jenis yang berbeda, seperti highway tire, mud and snow, all terrain, dan mud tire. Setiap jenis ban memiliki kelebihan serta keunggulannya masing-masing, dimana hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang anda sering lalui.

Pemilihan jenis ban ini akan mempengaruhi akselerasi mobil anda di jalanan, baik di jalan raya, licin, bergelombang, ataupun jalan yang tidak beraspal. Untuk itu memilih jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan anda sangatlah dianjurkan.

  • Perhatikan Kapasitas Ban

Kapasitas ban mobil kerap kali banyak diabaikan dan dianggap sepele, padahal setiap ban memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kapasitas anda bisa melihat angka yang tertera di samping ban, dimana anda akan melihat angka yang menunjukkan lebar, tinggi, batas beban, serta batas kecepatan yang mampu diterima oleh ban tersebut.

  • Pilih Motif yang Sesuai

Terakhir perhatikan juga motif yang dimiliki oleh ban yang akan anda beli, motif ban sendiri berguna untuk mengatur kecepatan dan kemampuan ban dalam mencengkram permukaan jalanan. Motif ban ini dapat dibedakan menjadi motif lurus, bergelombang, batik, dan masih banyak lagi lainnya.

Agar mobil anda bisa memiliki performa yang lebih maksimal saat melaju pada permukaan jalan sebaiknya memilih ban yang memiliki motif sama baik ban belakang maupun ban depan. Selain lebih maksimal dengan memilih motif yang sama mobil akan lebih aman dan nyaman digunakan dalam berkendara.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan