Cara Rotasi Ban Mobil Sendiri dengan Mudah

Rotasi Ban Mobil

Pada saat PPKM darurat dilakukan, tentu kita sebagai pemilik mobil memiliki waktu yang cukup luang untuk memerhatikan mobil kesayangan. Untuk mengisi waktu senggang ini, kamu bisa melakukan rotasi ban mobil yang tentunya sangat baik dilakukan untuk mendapat tingkat keausan ban yang lebih merata.

Dengan mendapatkan keausan yang rata pada ban mobil, maka keawetan dari ban juga akan terjamin lebih lama. Dan tentu saja kamu akan menghemat pengeluaran yang lumayan untuk mengganti ban. Lalu, apakah kamu tahu apa itu rotasi ban?

Apa Itu Rotasi Ban Mobil?

Rotasi ban sendiri adalah proses menukar posisi ban antara depan dan juga belakang yang sama sisinya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, fungsi rotasi sendiri ialah untuk membuat ban memiliki keausan yang merata antara ke empat bannya.

Biasanya, proses pada ban ini dilakukan setiap kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 kilometer. Namun, ketika mobil sering melaju pada kecepatan tinggi atau sering melewati jalan bergelombang tiap hari, maka ada baiknya diperpendek setiap 5.000 kilometer.

Cara paling mudah merotasi ban adalah dengan memindahkan ban depan ke belakang ataupun sebaliknya, atau kamu juga bisa melakukannya dengan cara menyilang. Namun, untuk melakukan rotasi secara menyilang, kamu juga perlu memerhatikan alur tapak ban yang digunakan. Hal ini dikarenakan beberapa ban memiliki satu alur khusus untuk sisi kanan atau kiri saja, sehingga ban tersebut tidak bisa dirotasi secara menyilang.

Sedikit tips dari Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), ban dengan kondisi yang masih bagus ada baiknya ditempatkan di bagian belakang. Hal ini dikarenakan traksi roda belakang amat bergantung pada kondisi ban yang baik. Sementara traksi roda belakang bisa dibantu oleh kemudi setir walaupun kondisi ban sudah mulai aus.

Cara Rotasi Ban Mobil Dengan Mudah

Rotasi Ban Mobil
Rotasi Ban Mobil

Untuk kamu pemilik mobil dengan roda penggerak FWD (Front Wheel Drive) atau RWD (Rear Wheel Drive), berikut cara-cara merotasi ban dengan mudah.

1. Rotasi Ban Mobil Penggerak FWD

  • Ban depan kanan mundur menjadi ban serep
  • Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kanan menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kiri menjadi ban depan kanan
  • Ban serep menjadi ban belakang kanan

2. Rotasi Ban Mobil Penggerak RWD

  • Ban depan kanan menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kiri menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kanan menjadi ban depan kanan
  • Ban depan kiri keluar menjadi ban serep
  • Ban seper menjadi ban belakang kanan

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan