Fungsi Synchromesh Pada Transmisi, Cara Kerja, dan Komponennya

Fungsi Synchromesh Pada Transmisi, Cara Kerja, dan Komponennya

Synchromesh merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil yang bertransmisi manual.  Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda gigi yang berhubungan dengan pengereman. Hal inilah yang membuat perpindahan gigi mobil menjadi lebih halus dan juga tanpa hentakan.

Synchromesh telah digunakan oleh berbagai jenis mobil atau kendaraan roda empat lainnya hingga saat ini. Synchromesh terdiri dari beberapa komponen. Diantaranya ada synchronizer ring, clutch hub, shifting key, dan juga masih banyak komponen lainnya. Setiap komponen pada synchromesh ini memiliki fungsi dan juga tugasnya masing-masing.

Baca Juga: Periksa 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Lakukan Perjalanan Jauh!

Fungsi Synchromesh

Fungsi Synchromesh
Fungsi Synchromesh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi synchromesh adalah untuk menyamakan putaran roda gigi yang akan berhubungan langsung dengan pengereman. Tujuannya agar perpindahan gigi bisa berjalan lebih halus. Synchromesh terbuat dari bahan lunak, seperti kuningan dan memiliki alur yang berfungsi untuk memperkuat gaya gesekan saat terjadi proses perpindahan gigi. Gaya gesek yang terjadi pada synchronizer ring dan gigi percepatan akan menyamakan putaran agar clutch hub mudah masuk.

Cara Kerja Synchromesh Pada Transmisi Manual

Cara Kerja Synchromesh
Cara Kerja Synchromesh

Saat terjadi perpindahan gigi, secara otomatis tuas perseneling akan menggerakan clutch hub dan menekan shifting key. Akibatnya akan memberikan gaya dorong pada komponen Synchronizer ring. Dengan gaya dorong tersebut, synchronizer ring akan menempel pada bagian gigi percepatan dan berputar yang disertai dengan gaya pengereman agar putaran gigi percepatan sama dengan clutch hub.

Komponen Synchromesh

Berikut ini beberapa komponen Synchromesh yang perlu kamu ketahui.

1. Synchronizer Ring

Synchronizer Ring
Synchronizer Ring

Komponen synchronizer adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menyamakan putaran antara synchromesh dengan roda gigi percepatan dan proses pengereman. Synchronizer sendiri terletak diantara clutch hub dan juga roda gigi percepatan yang berbentuk konis. Komponen ini terbuat dari material kuningan yang memiliki bahan lebih lunak daripada yang lainnya. Oleh karena itu komponen satu ini dapat mengalami keuasan.

2. Clutch Hub

Clutch Hub
Clutch Hub

Clutch hub adalah komponen yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari clutch hub sleeve atau kopling geser menuju poros output transmisi. Komponen ini terhubung dengan spline atau alur gigi yang ada pada poros output transmisi. Oleh karena itu jika clutch hub ini berputar maka poros output transmisi akan ikut berputar. Selain itu ada juga alur untuk meletakkan shifting key.

3. Clutch Hub Sleeve

Clutch Hub Sleeve
Clutch Hub Sleeve

Clutch hub sleeve adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan juga memutuskan putaran dari roda gigi percepatan ke clutch hub. Komponen ini terletak diantara alur gigi clutch hub dan terhubung secara langsung dengan shift fork atau garpu pemindah.

Oleh karena itu ketika dilakukan proses pemindahan gigi maka komponen ini akan terhubung dengan gigi percepatan untuk meneruskan putaran ke clutch hub dan poros output transmisi.

4. Shifting key

Shifting key
Shifting key

Shifting key adalah komponen yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya perubahan gigi mobil sebelum putaran roda gigi dan juga clutch hub sama. Komponen ini terletak pada alur yang terdapat di clutch hub. Kedua ujungnya sendiri berhubungan secara langsung dengan synchronizer ring. Dan komponen shifting key ini juga biasa dikenal dengan nama batang pengunci.

5. Spring Key

Spring key
Spring key

Spring key adalah komponen yang berfungsi untuk mengunci shifting key agar tak lepas dari dudukannya yang terdapat pada clutch hub. Hal tersebut bertujuan agar shifting key ini dapat mencegah terjadinya perubahan gigi sebelum putaran keduanya sama. Bentuk dari komponen ini sendiri seperti kawat yang melingkar dan juga fleksibel.

Penutup

Berdasarkan pemaparan materi di atas dapat disimpulkan bahwa Synchromesh berfungsi untuk menyamakan putaran roda gigi yang akan berhubungan langsung dengan pengereman. Tujuannya agar perpindahan gigi bisa berjalan lebih halus.

Synchromesh terbuat dari bahan lunak yang memiliki alur yang berfungsi untuk memperkuat gaya gesek saat terjadi proses perpindahan gigi. Synchromesh terdiri dari berbagai komponen, seperti Synchronizer Ring, Clutch Hub Sleeve, Clutch hub, Shifting Key, dan Spring Key.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan