Periksa 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Lakukan Perjalanan Jauh!

perjalanan jauh

Punya rencana melakukan perjalanan jauh? Jangan lupa untuk mengecek mobil kesayangan kamu sebelum digunakan. Persiapan ini dilakukan untuk memastikan mobil dalam keadaan prima. Sebab, mobil yang akan menempuh jarak ratusan kolimeter selama pulang pergi bisa membuat performa mobil menurun. Nah, supaya perjalanan lancar dan nyaman, sebaiknya lakukan beberapa perawatan dan periksa beberapa komponen di bawah ini.

perjalanan jauh

Aki Mobil

Aki mobil merupakan komponen pertama yang sangat penting kamu periksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Aki mobil adalah jantung sebuah mobil agar performanya tetap terjaga dan berjalan dengan lancar. Jika kamu menggunakan aki basah, lakukan pemeriksaan volume cairan didalamnya. Sebab, saat mudik mobil akan mengalami kenaikan suhu dan menyebabkan air aki menguap. Sedangkan jika mobil kamu memiliki aki kering, hanya perlu mengecek kualitas cairan elektrolit dan pastikan tidak ada masalah.

Oli Mobil

Oli menjadi komponen yang tidak boleh terlewatkan jika ingin menempuh perjalanan jauh. Periksa bagian oli dan pastikan tidak kurang dari batas tertera dari dipstick oli. Jika kurang sebaiknya ditambahkan hingga batas normal. Selain itu, periksa juga kualitas oli mobil, apakah bersih dan warnanya bagus? Jika terdapat pasir dan berwarna pekat artinya oli mobil harus cepat diganti.

Rem Mobil

Rem mobil merupakan komponen yang sangat vital untuk menjaga keselamatan kamu, apalagi jika kamu harus mengendarai untuk perjalanan jauh. Pasalnya, rem mobil akan sering digunakan. Jika performa rem sudah tidak benar dari awal perjalanan, tentu hal ini sangat membahayakan keselamatan kamu. Sebaiknya periksa menyeluruh bagian rem hingga ke kampasnya agar tidak kerepotan saat di perjalanan.  

Ban Mobil

Bagian kaki-kaki mobil tidak kalah pentingnya untuk di cek sebelum perjalanan jauh, salah satunya adalah ban mobil. Periksa ban mobil mulai dari tekanan anginnya hingga keadaan permukaan ban. Apakah sudah tipis atau robek? Jika hal ini terjadi ban mobil harus segera diganti. Sebab, ban paling sering bergesekan dengan permukaan jalan. Jika ban kurang baik, akan sangat merepotkan sepanjang perjalanan. Kalau perlu, lakukan juga spooring dan balancing untuk memastikan ban mobil dalam keadaan baik.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan