Ketahui Lebih Dalam Mengenai Fungsi Strut Bar Mobil

Ketahui Lebih Dalam Mengenai Fungsi Strut Bar Mobil

Pernahkah kamu mendengar istilah strut bar? Strut bar memang hanya bisa ditemukan di beberapa jenis mobil saja. Saat membuka kap mesin, lalu terlihat sebuah batang besi atau logam yang menghubungkan bodi atau sasis mobil di bagian kiri dan kanan, kemudian titik yang dihubungkan bisa satu atau lebih di masing-masing bagian, itulah yang disebut sebagai strut bar. Lantas, apa kegunaan dan fungsi strut bar? Simak uraiannya di bawah ini.

Fungsi Strut Bar Pada Sistem Suspensi

Strut bar berfungsi untuk menambah sifat rigid atau kaku pada suspensi mobil. Sehingga saat mobil belok, ada tekanan dari permukaan jalan, maka strut bar yang menjaga tekanan kedua sisi mobil menjadi seimbang. Saat tekanan lebih seimbang, maka handling mobil saat melintasi belokan semakin lebih stabil.

Selain itu, menggunakan strut bar dapat mengurangi gejala body roll yang terjadi pada mobil. Body roll atau limbung merupakan keadaan dimana mobil ke luar jalur atau terlempar, terutama saat berada dalam kecepatan tinggi.

fungsi strut bar

Kelebihan dan Kekurangan Strut Bar

Mobil yang menggunakan strut bar dapat membuat mobil menjadi lebih stabil dan mengurangi terjadinya limbung saat berada di kecepatan tinggi karena suspensi mobil sudah dibuat menjadi lebih rigid atau kaku. Akan tetapi, dibalik kelebihan ini mobil akan terasa tidak nyaman saat melewati hambatan-hambatan kecil seperti speed bumps, lubang kecil, jalanan tidak rata, dan yang lainnya.

Untuk pemasangan strut bar tergantung dari tujuan penggunaan mobil. Jika mobil selalu digunakan pada kecepatan yang cukup tinggi atau sering melintasi jalan tol, mobil sangat direkomendasikan untuk memasang strut bar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kestabilan dalam mengendalikan mobil. Namun, jika mobil digunakan hanya di jalanan kota atau sering macet, pemasangan strut bar nampaknya tidak diperlukan.

Selain itu, pemasangan strut bar juga bisa ditentukan berdasarkan jenis mobil. Biasanya strut bar sangat dianjurkan dipasang pada beberapa jenis mobil yang terkenal dengan handlingnya yang kurang seperti Isuzu Panther. Akan tetapi jika mobil dengan high roof MPB seperti Serena, tidak dianjurkan untuk memasang strut bar karena bisa mengurangi tingkat kenyamanan.

Pemilihan Strut Bar

Penjual komponen dalam dunia otomotif tentunya sangat banyak. Ada begitu banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kantong. Strut bar, seringkali dijual pada banyak platform atau e-commerce. Namun, tidak hanya merek besar saja yang menyediakan sturut bar. Strut bar kustom juga banyak beredar saat ini. Jika dibandingkan, tentunya masih lebih unggul strut bar after market yang berasal dari produsen resmi.

Untuk strut bar kustom, desain menjadi aspek penting. Desain strut bar yang tidak sesuai, dapat merusak komponen lainnya ketika proses pemasangan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan selain desain, adalah kualitas material dari strut bar itu sendiri. Kualitas material yang kurang baik, akan berdampak buruk pada kendaraan. Alumunium menjadi material yang paling banyak beredar di pasaran untuk strut bar, pada saat ini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan