Cara Mengisi Air Wiper Mobil Dengan Benar

cara mengisi air wiper mobil

Wiper merupakan salah satu komponen mobil yang membantu kamu untuk melihat jalan saat sedang turun hujan. Sehingga cairan yang digunakan tidak boleh sembarangan, lebih baik menggunakan cairan khusus. Sebab untuk mencegah timbulnya jamur pada kaca bagian depan.

Berikut ini cara mengisi air wiper mobil dengan mudah dan benar beserta tips merawatnya. Simak artikel di bawah ini sampai habis!

Baca Juga:

Cara Mengisi Air Wiper Mobil Dengan Tepat

Berikut ini langkah-langkah mengisi air wiper mobil dengan benar. Simak artikel di bawah ini!

1. Siapkan Cairan Khusus untuk Mengisi Wiper Mobil

Gunakan cairan khusus untuk mengisi wiper mobil. Sebaiknya jangan menggunakan air mineral biasa karena bisa menimbulkan jamur pada dinding kaca mobil dalam jangka panjang. Kamu bisa membeli cairan khusus pada bengkel terdekat di kotamu atau melalui marketplace.

2. Buka Kap Mesin Mobil

Langkah kedua dengan adalah membuka kap mesin mobil bagian depan. Pastikan kaitnya sudah terpasang dengan benar agar tangan tidak terjepit ketika mengisi air wiper.

3. Cari Tabung Air Wiper

Langkah berikutnya adalah dengan mencari tabung air wiper. Wadah air wiper mobil ini biasanya berbentuk tabung putih dengan tutupnya berwarna biru yang terletak pada bagian kiri depan. Jangan sampai tertukar dengan tabung oli power steering.

4. Isi Wiper

Langkah terakhir dengan menuangkan air wiper mobil atau wiper fluid yang telah dipersiapkan sampai batas maksimal. Setelah itu, tutup rapat bagian tabung air wiper dan kap mesin mobil. Nah setelah kamu mengetahui langkah-langkah memasang air wiper mobil dengan benar. Berikut ini tips memilih wiper mobil terbaik untuk mobilmu.

2 Tips Memilih Cairan Wiper Mobil

Hindari menggunakan air keran untuk mengisi wiper mobil. Karena di dalam air keran terdapat kandungan pH asam yang tinggi. Sehingga bisa membuat karet pada wiper mobil menjadi lebih mudah rusak akibatnya saat membersihkan kaca mobil hasilnya tidak maksimal.

Selain itu, mengisi air wiper dengan air keran bisa memicu timbulnya jamur pada kaca bagian depan. Hal ini tentu akan merusak keindahan tampilan mobil. Oleh karenanya, HSR Wheel akan membagikan tips memilih cairan wiper mobil. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Gunakan yang Sesuai dengan Jenis Mobil

Kamu bisa menggunakan cairan wiper yang sesuai dengan jenis mobil kamu. Biasanya antar jenis mobil menggunakan cairan wiper yang berbeda. Sehingga sebelum isi wiper mobil, perlu tanyakan terlebih dahulu cairan yang tepat untuk mobil kamu ke pihak teknisi.

2. Jangan Menggunakan Cairan yang Mengandung Alkohol

Hindari menggunakan air wiper mobil yang mengandung alkohol. Agar tidak merusak kaca bagian depan. Oleh sebab itu, sebelum membeli air wiper perlu sekali untuk mengecek kandungan di dalam kemasannya tersebut.

Beberapa merk air wiper mobil yang cukup bagus dan biasa digunakan seperti Kit Wiper, Waxco Windshield, Megacools Wiper, Sonax, dan Otogard Wiper Fluid Concentrate.

Nah itu dia, cara mengisi air wiper mobil dengan benar beserta tips memilih cairan yang tepat. Bagi kamu yang ingin mengganti velg dan ban mobil, kamu bisa datang langsung ke diler HSR Wheel terdekat di kota kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan