Spoiler Mobil: Jenis, Fungsi, dan Cara Memasangnya

Jenis Spoiler Mobil

Spoiler mobil merupakan salah satu komponen mobil yang berpengaruh terhadap aerodinamika. Fungsi spoiler mobil, diantaranya untuk meningkatkan estetika suatu kendaraan, menambah performa mobil, dan meningkatkan tekanan ke bawah pada mobil sehingga daya angkat akibat kecepatan tinggi dapat berkurang.

Spoiler mobil juga bisa mengubah aliran udara di atas, di sekitar maupun di bawah kendaraan. Tujuannya untuk mengurangi hambatan angin atau menggunakan udara agar bisa menciptakan lebih banyak downforce. Sehingga akan menghasilkan lebih banyak cengkraman pada saat kecepatan tinggi.

Komponen ini biasanya digunakan oleh mobil sedan, hatchback, atau minibus. Bagi kamu yang ingin membelinya, berikut ini 4 jenis spoiler mobil yang bisa jadi bahan pertimbangan.

4 Jenis Spoiler Mobil

Spoiler mobil terdiri dari 4 jenis, diantaranya ada rear spoiler, front spoiler, lip spoiler, dan wing spoiler. Agar lebih jelas mengenai keempat jenis spoiler, simak ulasan di bawah ini!

1. Front Spoiler

Front Spoiler
Front Spoiler

Front spoiler terletak di bagian bawah bumper depan agar jaraknya lebih dekat dengan permukaan tanah. Tujuannya agar aliran udara dari bawah mengecil sehingga potensi mobil limbung saat melaju cepat bisa berkurang.

Namun apabila dipasang hanya pada satu bagian saja akan membuat mobil menjadi tidak stabil saat berada dalam kecepatan tinggi. Spoiler ini digunakan untuk mengimbangi spoiler belakang agar lebih seimbang saat melaju dalam kecepatan tinggi.

2. Wing Spoiler

Wing Spoiler
Wing Spoiler

Spoiler ini pada umumnya digunakan pada mobil racing atau mobil balap dengan ukurannya yang lebih besar dibanding jenis spoiler lainnya. Sehingga tidak disarankan dipasang pada mobil biasa karena penggunaan sayap besar hanya ideal untuk mobil yang memiliki performa tinggi.

3. Lip Spoiler

Lip Spoiler
Lip Spoiler

Lip spoiler merupakan salah satu jenis spoiler yang sering digunakan untuk meningkatkan keindahan mobil. Biasanya spoiler ini sering dipakai pada mobil sedan.

4. Rear Spoiler

Rear Spoiler
Rear Spoiler

Spoiler ini terletak pada bagian belakang, seperti pada bagian bagasi mobil sedan atau mobil racing. Selain itu, spoiler ini juga biasa digunakan pada mobil tanpa bagasi seperti hatchback, SUV dan MPV di belakang kaca atas.

Pada umumnya sebagian orang akan menyebut spoiler untuk mobil hatchback, MPV dan SUV dengan sebutan roof spoiler atau spoiler atap karena memang diletakkan diatas mobil bagian belakang. Berbeda dengan kendaraan balap atau sedan yang diletakkan pada bagasi bagian belakang.

Fungsi Spoiler Mobil

Spoiler mobil memiliki beberapa fungsi, diantaranya dapat membuat mobil menjadi lebih stabil saat berada dalam kecepatan tinggi. Sebab spoiler akan menekan gaya angkat mobil ketika angin kencang. Sehingga, mobil akan stabil karena telah melawan gaya angkat.

Selain itu, spoiler mobil juga berfungsi untuk meningkatkan performa mobil dan membuatnya lebih aerodinamis. Hal ini dikarenakan lekukan-lekukan yang ada pada spoiler akan memberikan kestabilan lebih baik saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Lantas, bagaimana cara memasang spoiler mobil? Berikut ini jawabannya!

Cara Memasang Spoiler Mobil

Cara memasangnya dengan meletakkan spoiler di bagian atas pintu bagasi dan bagian atap paling belakang. Spoiler mobil juga dapat dipasang  pada kaca mobil.

Ketika memasang spoiler mobil ini, pastikan sudah seimbang antara bagian depan dan samping. Apabila spoiler mobil hanya dipasang di satu titik, itu akan mengakibatkan mobil melaju ke segala arah saat di gas dalam kecepatan tinggi. Jadi, pasang juga spoiler di bagian bawah panel pintu sisi kanan, sisi kiri, dan bagian bumper depan.

Harga Spoiler Mobil

Hatga spoiler mobil berbeda-beda tergantung jenisnya. Berikut daftar harga spoiler mobil yang bersumber dari  priceza.co.id dan hondaacuraonline.com.

Jenis Spoiler Harga
Spoiler JS racing Rp600 ribu – Rp2,4 juta
Spoiler GT Wing Rp 50 ribu – Rp5, 145 juta
Spoiler CRV Rp192 ribu – Rp2 juta

Sedangkan berdasarkan sumber dari gridoto.com, harga spoiler Nissan Grand Livina model standar dan tanpa lampu berkisar di harga Rp450 ribu dan harga spoiler mobil Toyota Fortuner TRD original sekitar  Rp1,9 Juta.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan