Rem ABS: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

rem abs

Rem Anti-Lock Braking System (ABS) adalah sebuah teknologi hasil pengembangan dari rem tromol dan rem cakram yang dinilai kurang efektif. Rem tromol dan rem cakram dinilai kurang efektif karena bisa membuat kendaraan sulit untuk digerakkan dan bahkan roda terkunci ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba.

Dengan hadirnya rem ABS akan membuat masalah-masalah tersebut tidak terjadi lagi pada setiap kendaraan dan juga dapat membuang panas dan debu dengan lebih cepat. Sehingga akan membuat kenyamanan dan keamanan pengemudi menjadi lebih terjaga.

Lantas apa saja pengertian, fungsi, dan cara kerja dari rem ABS? Simak ulasan di bawah ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Baca Juga: Sudah Pakai Rem Tangan Tapi Mobil Masih Bisa Jalan? Penyebabnya Ini!

Pengertian Rem Anti-Lock Braking System (ABS)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Rem ABS adalah hasil inovasi dari rem tromol dan cakram agar roda tidak terkunci ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba. Karena rem ini dihasilkan dari teknologi khusus yang telah diadopsi dari mekanisme dalam pesawat terbang.

Sehingga dengan adanya teknologi tersebut, akan membuat roda mobil tidak terkunci saat mengerem secara mendadak. Seperti yang kamu tahu, mengerem secara mendadak dengan laju kendaraan berada pada kecepatan tinggi tentunya akan membahayakan bagi pengemudi, bahkan bisa menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan.

Oleh karenanya, muncullah inovasi rem ABS, sebagai salah satu upaya agar keselamatan pengendara maupun penumpang menjadi lebih terjamin. Lantas, apa saja fungsi dari rem ABS ini? Berikut ini jawabannya!

Fungsi Rem ABS

Fungsi dari Rem ABS hampir sama seperti rem lainnya, hanya sama rem ABS mampu membuat roda mobil tidak terkunci saat pengemudi mengerem secara tiba-tiba. Tidak hanya itu saja, rem ABS juga mampu membuang debu dan panas lebih cepat dari rem pada umumnya.

Dengan hadirnya rem ABS, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan terutama saat hujan dengan kondisi jalanan yang licin membuat pengendara lebih banyak mengandalkan rem untuk mengontrol laju kendaraannya. Agar lebih paham mengenai bagaimana cara kerja Rem ABS, simak ulasan di bawah ini.

Cara Kerja Rem ABS

Cara kerja rem ABS dengan mendeteksi kecepatan mobil dan berguna saat pengemudi mengerem secara tiba-tiba. Saat pengemudi melakukan rem mendadak. Hydraulic unit akan membaca data kendaraan dan akan memberikan instruksi untuk memerintahkan pompa mendistribusikan tekanan minyak rem sesuai dengan kondisi kendaraan dan juga ban kendaraan.

Hasil dari pengaturan tekanan minyak rem yang dilakukan secara otomatis akan membantu menurunkan kecepatan kendaraan dengan cepat tanpa membuat ban mobil terkunci. Sehingga kendaraan dapat tetap dengan mudah untuk dikendalikan. Dengan begitu, dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan