Tips Otomotif

Cara Menawar Mobil Bekas Agar Tidak Asal Nawar

Mobil bekas memang menjadi incaran untuk banyak orang karena harganya yang tentu lebih terjangkau. Namun, untuk mendapatkan harga kendaraan yang diinginkan seringkali pembeli menawarnya secara sembarang tanpa mengecek kondisi mobil dahulu.

Menawar harga mobil secara sembarang atau asal nawar malah membuat penjual kesal dan tidak akan menurunkan harga jualnya. Dengan demikian, apabila kamu ingin membeli kendaraan bekas, sebaiknya tawarlah dengan cara yang lebih elegan agar kamu lebih dihargai.

Kali ini HSR Wheel akan memberikan tips untuk menawar harga mobil bekas dengan cara yang lebih elegan. Berikut ini cara menawar mobil bekas yang elegan agar tidak asal menawar. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: 7 Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas & Murah

Cara Menawar Mobil Bekas Dengan Cara Elegan

1. Survei Harga Mobil Terlebih Dahulu

Untuk membeli mobil bekas, biasakan untuk riset harga mobil tersebut. Tujuannya agar kamu bisa tahu harga pasaran mobil tersebut. Dengan begitu, jika penjual menjual mobilnya di atas harga pasaran maka kamu bisa menawarnya. Kamu bisa meriset harga pasaran mobil bekas tersebut di website-website terpercaya.

Selain itu, jangan menawar harga mobil bekas tersebut sampai setengah harga yang telah ditentukan penjual. Karena akan membuat penjual kesal dan tidak akan melayanimu. Bernegosiasilah dengan cara yang elegan, seperti harga mobil bekasnya sekitar Rp 90 jutaan, kamu bisa menawarnya mulai dari Rp 80 jutaan. Dengan begitu, penjual akan lebih menghargaimu karena kamu bisa bernegosiasi dengan baik.

2. Cek Kondisi Mobil

Setelah kamu mengetahui mobil mana yang akan kamu pilih, langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi mobil secara keseluruhan. Mulai dari bagian kaki-kaki mobil sampai bagian mesin. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan apakah mobil tersebut layak dibeli dengan harga segitu atau tidak.

Penjual akan menganggap kamu serius untuk membelinya jika kamu mengecek mobil terlebih dahulu sebelum melakukan proses tawar menawar atau negoisasi. Apabila kondisi mobil bekas tersebut tidak sesuai dengan yang dipaparkan oleh penjual maka kamu bisa menawar di bawah harga yang diajukan penjual. Jika kamu tidak berminat membelinya, sampaikan dengan cara yang santun, seperti bahwa mobil bekas tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi yang sedang dicari.

3. Test Drive Singkat

Melakukan tes drive singkat sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi mesin mobil tersebut. Lakukanlah tes drive yang kurang lebih memakan waktu sampai 30 menit. Dengan begitu, kamu bisa memastikan secara langsung kondisi interior dan mesin apakah sudah sesuai dengan keterangan atau riwayat service yang disampaikan oleh penjual.

Apabila kamu merasa mobil tersebut dalam kerusakan atau tidak sesuai kondisi yang disampaikan maka kamu bisa menawar dibawah harga pasar dan jelaskan mengapa kamu menawar diharga tersebut.

4. Cek Pajak Kendaraan

Carilah kendaraan yang masih aktif pajaknya. Kamu bisa bertanya kepada penjualnya mengenai pajak kendaraannya. Apabila mobil bekas tersebut masih aktif pajaknya, kamu bisa melanjutkan negoisasinya. Namun, jika pajak kendaraan tersebut telah mati maka kamu bisa memilih kendaraan lain yang pajak kendaraannya masih hidup.

5. Negosiasilah Secara Santai

Untuk mendapatkan harga yang sesuai keinginan maka bernegosiasilah secara santai. Jangan terburu-buru bahkan sampai terlihat bahwa kita benar-benar menginginkan kendaraan tersebut. Jika raut mukamu seperti menginginkan kendaraan tersebut maka penjual cenderung enggan menurunkan harga jual mobilnya.

6. Perbanyak Pilihan Mobil

Saat kamu ingin membeli mobil bekas, usahakan untuk menyipkan lebih dari 6 mobil pilihan. Tujuannya agar kamu bisa menentukan mana yang terbaik dari pilihan-pilihan tersebut. Cara ini wajib dilakukan bagi para pembeli mobil bekas supaya tidak mendapatkan unit yang kondisinya di luar ekspektasi. Dari unit yang sudah dilihat itu tentu harganya berbeda-beda, sehingga proses tawar menawar juga lebih bervariasi.

Nah itu dia sobat HSR Wheel cara untuk negosiasi mobil bekas secara elegan.

Baca Juga: Modifikasi Mobil Bekas Pakai Velg HSR Wheel Agar Lebih Kece

Artikel Terbaru

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022

Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk… Selengkapnya

4 Juli 2022

Ini Dia 4 Varian Mobil Tesla di Indonesia

Tesla merupakan salah satu perusahaan otomotif yang mengalami perkembangan paling pesat. Meski berdiri pada tahun… Selengkapnya

1 Juli 2022