Kenali Fungsi dari Spoiler Mobil Lebih Dalam

Inilah Fungsi dari Spoiler Mobil yang Sebenarnya

Beberapa orang berpendapat bahwa spoiler mobil adalah hanya aksesori belaka. Memang secara tampilan, mobil yang ditambahkan spoiler akan terlihat lebih sporty. Padahal spoiler memiliki fungsi penting selain mempercantik tampilannya.

Inilah Fungsi dari Spoiler Mobil yang Sebenarnya

Selain untuk membuat tampilan kendaraan semakin terlihat sporty, spoiler pada juga memiliki fungsi yang sangat berguna. Untuk mengetahuinya lebih dalam tentang fungsi dari spoiler yang sebenarnya, Haiser juga bisa ikuti penjelasan berikut ini.

Fungsi Spoiler

Perlu Haiser ketahui, bahwa spoiler mobil merupakan komponen yang sangat berpengaruh pada aerodinamika kendaraan. Spoiler mobil berfungsi untuk menambah downforce atau tekanan ke bawah untuk mengurangi gaya angkat yang timbul saat berakselerasi tinggi.

Gaya angkat yang terjadi dapat membuat mobil tidak stabil dan melayang ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Bahkan bukan hanya tidak stabil, tapi bisa membuat pengemudi kehilangan kontrol.

Selain untuk menambah downforce saat melaju kencang, spoiler juga berfungsi untuk meningkatkan pengendalian. Hal ini terjadi karena efek dari aerodinamika dan downforce yang mempertahankan roda mobil untuk tetap menempel di jalanan.

Biasanya spoiler ini dipasangkan pada bagian belakang kendaraan. Untuk mobil sedan, umumnya ditempelkan di atas kap bagasi. Kemudian untuk mobil yang tidak memiliki bagasi seperti hatchback atau MPV, dipasang atap belakang atau berada dibagian atas kaca belakang.

Spoiler Mobil Aftermarket

Tidak Boleh Asal Pasang

Memang saat ini banyak sekali spoiler yang dijual di pasaran. Bahkan beberapa produsen mobil juga sudah menyematkannya di mobil-mobil yang diproduksinya. Beberapa produsen juga mengembangkan spoiler yang mampu mengembang saat mencapai kecepatan 100 km per jam yang membuat lebih stabil.

Tidak hanya produsen mobil saja yang memproduksi spoiler, tetapi pabrikan aftermarket juga memproduksi spoiler. Dengan banyaknya spoiler aftermarket, membuat spoiler menjadi salah satu komponen yang paling diburu untuk memodifikasi.

Meskipun demikian, memakaikan spoiler aftermarket belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan spoiler bawaan. Belum lagi pemasangan spoiler aftermarket yang salah bisa berisiko. Pemasangan spoiler yang asal-asalan bisa justru akan membuat beban kendaraan bertambah, sehingga membuat konsumsi bahan bakan bisa lebih boros.

Jadi ketika ingin memasang spoiler, sebaiknya kamu benar-benar mencari tempat atau bengkel yang memang ahli dalam pemasanganya. Jangan sampai ketika mobil kesayangan kamu memasang spoiler, malah menjadi bermasalah dari segi performa dan penampilannya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan