Street Racing: Konsep Modifikasi Mobil Dambaan Kaum Muda

Street Racing

Street Racing – Ketika berbicara tentang otomotif, memang akan selalu sangat menarik untuk dibahas dan tidak akan ada ujungnya. Tak hanya sekadar tentang perkembangan teknologi, pasar, penjualan kendaraan atau komunitas otomotif saja, melainkan juga hobi dalam melakukan modifikasi.

Modifikasi sendiri adalah hal yang tidak bisa lepas dari para pemilik mobil yang tergabung dalam sebuah komunitas atau klub. Walaupun memang tak semua yang memodifikasi mobil adalah seorang anggota komunitas, ada banyak juga yang tidak tergabung dengan klub namun memiliki hobi dalam modifikasi mobil.

Berbicara mengenai modifikasi mobil, ada banyak sekali aliran konsep modifikasi yang masih digandrungi hingga saat ini. Diantara banyaknya konsep modifikasi mobil tersebut, ada beberapa konsep yang paling digemari dan banyak digunakan. Konsep modifikasi tersebut adalah street racing dan racing.

Apa itu Modifikasi Street Racing?

Jika perhatikan, konsep modifikasi street racing hingga saat ini masih banyak digunakan. Perlu kamu ketahui juga, street racing merupakan aliran balap di jalanan yang bisa dibilang diadakan secara tidak resmi. Street racing ini mengadaptasi dari sebuah film yang berjudul Fast & Furious. Jika dilihat lebih dekat, alasan modifikasi street racing sendiri banyak digemari karena tampilannya tidak membosankan.

Untuk melakukan modifikasi stree race seperti ini, kamu sebagai pemilik perlu mengetahui bahwa konsep modifikasi ini memiliki 5 poin. Diantaranya ada eksterior, interior, sistem audio, mesin, dan juga undercarriage. Jadi, walaupun konsep modifikasinya adalah balap, namun sektor kenyamanan penumpang masih tetap diperhatikan dengan adanya sistem audio. Jadi jika melihat dari 5 poin tersebut maka bisa dibilang bahwa aliran modifikasi street race ini masih umum untuk bisa digunakan sebagai mobil harian.

Sementara itu konsep modifikasi racing saat ini masih kurang diminati dikarenakan racing sendiri adalah ubahan pada mobil yang memang diperuntukkan untuk ajang balapan resmi. Sebenarnya ada beberapa pembeda antara street racing dan juga racing.

Perbedaan Street Racing dan Racing

Perbedaan pertama kita mulai dari sisi eksterior mobil itu sendiri. Untuk modifikasi street racing perlu menggunakan konsep minimal menambahkan cutting sticker, mengubah bodykit add on atau pun custom, dan juga menambahkan aksesoris after market. Sedangkan untuk sektor interior mobil street racing ada beberapa penambahan produk after market seperti sistem audio, gadget, dan juga mengubah jok mobil ke custom hand made.

Sementara untuk konsep racing sendiri lebih fokus terhadap ubahan pada mesin dan juga undercarriage. Perlu kamu ketahui, undercarriage adalah perubahan kaki-kaki dan sistem pengereman untuk menstabilkan kemudi setir pada saat digunakan balapan. Untuk konsep modifikasi yang ini minimal wajib ada penambahan open filter di bagian mesin mobil. Dan juga hal pertama yang harus diubah adalah dari sisi Porting n Polish (PnP).

Pnp adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan langsung oleh tangan atau manual dengan tujuan untuk memperbaiki efisiensi volumetric sebuah mesin. Efisiensi volumetric sendiri adalah sebuah besaran campuran udara dan bensin yang ada di ruang pembakaran (dihitung dalam %). Hal ini dilakukan untuk mendongkrak performa mesin itu sendiri dan membuat lebih irit bahan bakar karena kinerja mesin yang menjadi lebih efisien.

Untuk konsep racing sendiri bagian eksterior dan juga interiornya tidak perlu tampil bagus seperti konsep street racing. Dan tentunya mobil racing tidak dilengkapi dengan sistem audio. Maka dari itu konsep modifikasi racing tidak cukup nyaman untuk digunakan sebagai mobil harian, tidak seperti street racing yang masih dilengkapi dengan konsep 5 poin tadi.

Pindah ke bagian kaki-kaki, velg mobil dari kebanyakan street racing menggunakan ukuran maksimal hingga ring 18 atau velg lebar (wideswheel). Sementara untuk konsep mobil racing menggunakan velg dengan ukuran maksimal ring 16.

Dari sisi biaya pembuatan, ketika ingin membangun konsep racing ada baiknya kamu perlu menyiapkan budget minimal Rp30 juta. Dan untuk konsep street racing perlu menyiapkan dana minimal Rp50 juta. Untuk saat ini konsep street racing memang masih banyak diminati karena dianggap memiliki jiwa muda dan lebih enak untuk dipandang. Tampilan yang ciamik dan garang pada saat digunakan, membuat para pemilik percaya diri untuk show off.

Modifikasi Velg Mobil Racing

Untuk kamu para pemilik mobil dengan kondisi yang masih standar namun ingin tampil racing look, maka ada beberapa langkah mudah yang perlu kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan budget yang banyak. Cara tersebut adalah melakukan modifikasi velg mobil standar mu menjadi velg racing.

Namun sebelum melakukan penggantian ada baiknya kamu jangan sembarangan dalam memilih komponen aftermarket kaki-kaki ini. Karena memang perlu kamu ketahui bahwa velg mobil adalah salah satu komponen penunjang keamanan dan juga kenyamanan pada saat berkendara. Perannya yang penting itu tentu saja membuat kita sebagai pemilik perlu memerhatikannya, termasuk ketika memilih velg mobil racing produksi aftermarket.

Beberapa hal perlu menjadi pertimbangan ketika ingin membeli sebuah velg mobil aftermarket, entah itu dari kualitas, brand, model, hingga aftersalesnya. Seperti halnya HSR Wheel, brand velg mobil asli Indonesia yang memiliki dukungan purna jual terbanyak di Indonesia. Selain itu kualitas dari seluruh velg HSR sudah terbukti dengan tersematnya 3 sertifikat berstandar nasional dan internasional seperti SNI, JWL, dan VIA. Untuk sisi desain dan model, HSR Wheel memiliki ratusan model velg yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan selera masing-masing.

Untuk kamu yang ingin mencari rekomendasi velg racing, maka berikut di bawah ini kami rekomendasikan setidaknya tiga velg HSR agar mobil kesayangan tampil semakin racing. Simak ulasannya berikut ini.

1. HSR WURZBURG R19

HSR WURZBURG R19
HSR WURZBURG R19

Spesifikasi Velg

Type: WURZBURG F1 85423
Ring : R19X85/95
Hole : H5X120
ET: 40.

2. HSR MERKIN R15

Spesifikasi Velg

Type: MERKIN 5297D HSR
Ring : R15X6
Hole : H8X100-114,3
ET: 40.

3. HSR GIANT R18

Spesifikasi Velg

Type: GIANT L967 HSR
Ring : R18X85/95
Hole : H5X112
ET: 45/40.

Demikian rekomendasi velg mobil racing dari HSR Wheel yang bisa kamu pilih dan pasangkan ke mobil kesayangan agar tampil lebih apik saat digunakan. Untuk yang ingin melakukan penggantian velg HSR atau butuh model yang lain, silakan langsung datang saja ke dealer resmi HSR Wheel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui alamat lengkap dari toko velg mobil terdekat HSR di kota mu, silakan langsung berkunjung ke laman HSR Wheel Store. Atau bisa menanyakan langsung ke customer sercive pusat kami dengan menekan tombol WhatsApp di bawah ini. Semoga bermanfaat.

CS HSR Wheel
CS HSR Wheel

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan