Mobil Kelebihan Muatan Saat Liburan, Ini Bahayanya!

muatan barang

Saat akan pergi berlibur atau melakukan perjalanan jauh, tempat penyimpanan mobil seketika menjadi penuh. Tak jarang juga membuat mobil menjadi overload. Padahal, hal ini bisa membahayakan pemilik mobil karena dapat mempengaruhi keseimbangan dan kecepatan mobil saat melaju. Selain itu, tingkat kenyamanan juga menjadi berkurang dan mengurangi pandangan pengemudi untuk melihat ke belakang mobil.

Bahaya Mobil Kelebihan Muatan

mobil kelebihan muatan

Ada beberapa bahaya yang muncul jika mobil kelebihan muatan, yaitu:

Kinerja ban dan Suspensi Menurun

Saat mobil mengalami kelebihan muatan, maka bebannya menjadi terlalu berat. Hal ini dapat membuat kinerja suspensi dan ban mobil menjadi kurang optimal. Jika dipaksakan akan semakin parah dan bisa menyebabkan ban mobil meledak. Selain itu, sebagus apapun suspensi yang digunakan mobil, kemampuanya menjadi berkurang hingga tidak bisa melakukan manuver dengan baik dan melaju dengan stabil.

Tenaga Mesin Berkurang

Saat mobil terlalu berat membawa beban, tenaga mesin otomatis akan berkurang. Apalagi jika harus melintasi tanjakan, mobil bisa mundur kembali karena tidak kuat menanjak. Hal ini tentu sangat membahayakan keselamatan jiwa pengemudi dan penumpang mobil. Sebaiknya hindari kelebihan muatan mobil, apalagi jika jalur yang ditempuh akan melintasi banyak tanjakan yang ekstrim.

Sulit Bermanuver

Mobil yang bermuatan lebih performanya tidak akan optimal. Mobil akan kesulitan untuk bermanuver. Selain itu, saat melintasi jalanan yang tidak rata, baian suspensinya bekerja kurang optimal dan menimbulkan ketidaknyamanan di dalam mobil.

Bahan Bakar Boros

Saat overload, maka mesin akan bekerja keras untuk melaju. Tenaga yang dikeluarkan juga akan semakin besar. Hal ini menyebabkan mobil menjadi boros bahan bakar karena pedal gas yang diinjak pun harus lebih dalam lagi. Selain merepotkan hal ini sangat membahayakan jika berada di tempat yang jauh pengisian bahan bakar.

Kecelakaan Tidak Dicover Asuransi

Kecelakaan yang terjadi akibat mobil yang muatannya berlebih tidak dicover oleh pihak asuransi. Pihak asuransi hanya akan melakukan cover jika sesuai dengan beban angkut normal dari pabrikan. Hal ini sudah diatur Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor.

Itulah beberapa bahaya jika mobil kelebihan muatan. Lebih baik membawa barang secukupnya jika ingin pergi berlibur ataupun melakukan perjalanan jauh agar selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan