Fungsi Propeller Shaft, Komponen Penting Pada Mobil

Fungsi Propeller Shaft

Fungsi Propeller Shaft – Ketika kamu mengemudikan kendaraan bermotor khususnya mobil, maka ada salah satu komponen sangat penting yang digunakan untuk meneruskan tenaga melalui transmisi menuju gardan. Istilah ini biasanya dikenal dengan sebutan propeller shaft. Selain itu juga masih banyak fungsi propeller shaft pada sebuah mobil yang mungkin perlu kamu ketahui.

Untuk mengetahui ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Fungsi Propeller Shaft dan Komponennya 

Propeller Shaft ini adalah salah satu komponen yang termasuk ke dalam sistem penggerak roda atau biasa disebut dengan sistem drive train. Komponen ini juga biasanya bisa ditemukan pada kendaraan roda empat yang menggunakan penggerak belakang dan juga 4WD.

Fungsi Propeller Shaft adalah untuk meneruskan putaran yang berasal dari transmisi menuju gardan. Komponen ini sendiri terbuat dari silinder baja yang mampu menahan gaya putar. Hampir seluruh komponen dilengkapi dengan balance weight pada sisi luarnya untuk menjaga keseimbangan Propeller Shaft.

Hal tersebut bertujuan ketika kendaraan sedang melaju dengan kecepatan tinggi tidak mengalami getaran yang berlebih. Selain itu juga poros transmisi memiliki fungsi utama untuk memindahkan putaran mesin melalui transmisi sebelum akhirnya dapat diteruskan di bagian gardan. Komponen ini juga dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan transfer putaran agar berjalan dengan baik.

Terutama agar tidak terpengaruh dengan beban kendaraan ataupun permukaan jalan ketika sedang melaju di jalanan.

Cara Kerja 

Cara kerja komponen ini dipengaruhi oleh beberapa komponen penting yang ada di dalamnya agar berfungsi dengan baik dan tepat. Baik ketika kendaraan sedang berjalan di permukaan jalan yang rata ataupun bergelombang.

Ketika mobil sedang berjalan di permukaan yang rata, maka hal ini tidak akan berpengaruh kepada fungsi propeller shaft yang terjadi di antara gardan dan juga transmisi. Karena memang poros transmisi yang terhubung dengan slip yoke akan memutar komponen tersebut sesuai dengan arah putaran yang diberikan oleh propeller shaft.

Putaran itu akan membuat komponen batang poros, universal joint, dan juga flange yoke berputar ke satu arah yang sama. Dengan begitu, seluruh komponen yang ada pada poros transmisi akan berputar dalam satu kesatuan.

Namun hal itu akan menyesuaikan sendiri dengan kondisi jalan yang dilalui. Semakin kondisi jalan tidak rata, maka perubahan jarak dan sudut yang terjadi akan menjadi lebih besar. Slip Yoke akan bergeser lebih mundur dari poros transmisi sehingga jarak yang dibutuhkan oleh propeller shaft akan bertambah.

Cara Merawat 

Setelah mengetahui fungsi dan cara kerja propeller shaft, ada baiknya kamu juga paham bagaimana cara merawat propeller shaft, terutama bagi pengendara dengan mobil penggerak roda belakang. Berikut ini beberapa cara yang sudah kami rangkum agar menjaga kualitas dari propeller shaft :

1. Periksa Berkala Propeller Shaft

Disarankan untuk memeriksa propeller shaft tiap 10.000 km. Tanda-tanda bahwa komponen ini bermasalah adalah jika propeller shaft tersebut oblak, bengkok, ataupun aus. Apabila mengalami salah satu dari masalah tersebut, kemungkinan besar mobil kamu juga akan terasa bergetar ketika dikendarai.

2. Memeriksa Baut yang Kendor 

Dilansir dari OTODOMAIN.COM Biasanya beberapa bagian baut yang kendor dan harus dikencangkan pada propeller shaft diantaranya adalah baut pengikat antara output shaft transmisi dengan yoke bagian depan. Baut pengikat center bearing dengan chassis mobil. Terakhir, baut pengikat yoke bagian belakang dengan pinion gear gardan (differensial). Pastikan baut-baut itu sudah kencang dan terpasang dengan benar pada posisinya.

3. Membersihkan Propeller Shaft

Propeller shaft merupakan komponen yang terletak pada bagian kolong mobil, jadi wajar saja bila debu dan kontoran akan kerap kali menempel. Membersihkan propeller shaft dapat menjaga optimalnya fungsi komponen ini. Berikan pelumas pada propeller shaft juga bisa menjadi solusi perawatan.

Sekarang kamu sudah tahu kan mengenai propeller shaft dan juga kegunaannya. Jadi, kamu bisa lebih banyak tahu informasi mengenai cara merawat propeller shaft agar awet.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan