Sebelum Beli Ban Mobil, Perhatikan 5 Hal Ini

Beli Ban Mobil – Ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah mobil. Ban ini diibaratkan sebagai alas kaki untuk sebuah mobil. Walaupun terlihat sepele, namun karet bundar ini sangat memengaruhi performa dan kenyamanan pada saat berkendara.

Dalam kondisi ban perlu diganti, maka ada banyak hal yang harus kamu perhatikan. Dikutip melalui medcom.id, setidaknya terdapat 5 faktor yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti ban mobil. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Ban Mobil

1. Perhatikan Ukuran Ban Mobil

Ban mobil sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan ukuran beserta tipe ban yang tepat untuk mobil kesayangan. Kamu bisa mengecek ukuran ban yang cocok untuk mobil kamu di plakat atau tulisan yang ada pada pintu atau laci dashboard. Perhatikan dengan benar untuk mengetahui berapa ukuran ban yang tepat untuk mobil kesayangan.

2. Perhatikan Tapak Ban & Lebarnya

Setelah sudah tahu ukuran ban yang tepat untuk mobil kamu, jangan lupa juga untuk memerhatikan lebar ban mobil. Biasanya daya cengkar ban akan semakin tinggi apabila ukuran ban yang digunakan semakin lebar. Karena itulah ada baiknya kamu gunakan ban yang lebar dan jangan ban yang kecil atau tipis.

Dan tak hanya lebar, kamu juga perlu memerhatikan pola dari tapak ban itu sendiri. Pola tapak ban disarankan untuk disesuaikan berdasarkan daerah tempat tinggalmu. Apabila daerahmu memiliki curah hujan yang tinggi, maka ada baiknya gunakan ban dengan pola V. alur V ini sangat baik untuk menghalau air ketika mobil melaju di medan jalan yang basah.

Ada juga tapak ban asimetris yang memiliki model alur berbeda bagian luar dan dalam. Umumnya ban memiliki tapak yang simetris, sehingga bentuk alurnya sama. Performa dari ban dengan alur asimetris lebih baik dibandingkan dengan ban alur simetris. Sehingga ban ini dapat digunakan dalam kondisi jalan yang kering ataupun basah.

3. Cek Ketebalan Ban

Melakukan pengecekan ketebalan ban juga cukup penting untuk dilakukan, hal ini guna melancarkan perjalanan sekalipun melewati jalanan yang rusak sekalipun. Perusahaan ban pada umumnya sudah menetapkan standar untuk ketebalan ban yang diproduksinya. Hal ini tentu saja untuk mengindari risiko yang tidak diinginkan kepada pengemudi dan penumpang yang berada di dalam mobil.

4. Pilih Ban Sesuai Dengan Kebutuhan

Apabila mobil kamu digunakan untuk transportasi sehari-hari, maka gunakanlah ban mobil yang nyaman digunakan. Apabila mobil kamu sering melewati medan jalan yang basah, maka kebutuhan alur tapak ban adalah prioritas utama untuk memilih ban.

5. Cek Kode Kecepatan Ban

Perlu diketahui, ban mobil sendiri memiliki batas kecepatan yang perlu diketahui. Kamu bisa melihat kode kecepatan ini pada huruf terakhir dari kode ban mobil. Apabila kamu senang memacu mobil dalam kecepatan yang tinggi, aka kamu harus memastikan ban mobil kamu dapat bertahan dalam kondisi tersebut.

Sebut saja apakah ban modil dapat bertahan dengan panas yang diakibatkan oleh rotasi ban yang berputar kencang. Kamu bisa melihat contoh pada kode ban berikut ini, P195/55/R15 84V. Jika diperhatikan, terdapat huruf V di akhir kode tersebut. Huruf ini menunjukkan bahwa kecepatan maksimal yang dapat ditempuh oleh ban tersebut adalah 240 km/jam saja dan tidak lebih.

Dipublikasikan oleh
HSR Wheel

Pos Terbaru

HSR Wheel Sambut Mobil Bebas PPnBM dengan Pelek Kokoh & Kuat

HSR Wheel Sambut Mobil Bebas PPnBM - Penghilangan Pajak Penjualan atas Barang Mewah  (PPnBM) untuk… Read More

10 April 2021

5 Mobil Keluarga Mewah Tahun 2021

Saat ini mobil keluarga mewah memang sedang banyak dicari oleh para keluarga di Indonesia. Beberapa… Read More

10 April 2021

Cara Parkir Mobil dengan Benar

Cara Parkir Mobil - Saat ini memang sudah banyak pengemudi yang sudah lihai dan ahli… Read More

9 April 2021

Cara Belajar Mobil Dengan Aman dan Benar

Cara Belajar Mobil - Mengendarai mobil untuk seorang pemula memang membuat rasa khawatir timbul beserta… Read More

9 April 2021

Cegah Knalpot Mobil Berkarat, Lakukan 4 Tips Ini

Knalpot Mobil Berkarat - Posisi knalpot yang ada di bagian bawah atau kolong mobil membuat… Read More

8 April 2021

Diesel Runaway, Penyakit Mobil Diesel yang Merepotkan

Mobil diesel adalah mobil yang dikenal dengan torsi mesin yang unggul. Selain itu, mobil diesel… Read More

8 April 2021