Mesin Mobil Cepat Panas, Ini Penyebabnya

Kamu perlu berhati-hati, sebab mesin mobil cepat panas bisa menjadi penyakit yang cukup fatal untuk kendaraan. Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika berpergian jauh, seperti sedang pergi mudik lebaran mobil kamu tiba-tiba mengalami mesin kepanasan atau overheat. Jika kamu mengalami itu, bisa mengindikasikan bahwa kamu jarang bahkan tidak pernah memperhatikan bagian sistem pendinginannya.

Ini Dia Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Mesin mobil panas berlebih atau over heating disebabkan oleh sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik sehingga suhu mesin naik dengan cepat. Jika hal ini terjadi bisa merusak mesin mobil kamu. Bahkan, bisa membuat bengkok beberapa bagian mesin karena memuai. Kamu bisa menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki bagian-bagian mesin tersebut. Jadi, segera cek sistem pendinginan mobil kamu agar tidak terjadi mesin overheat.

Mesin Mobil Cepat Panas
  • Adanya Kerukasan Pada Radiator

Radiator adalah suatu komponen yang paling penting dalam sistem pendinginan mesin mobil kamu. Biasanya kerusakan yang sering muncul di radiator adalah saluran atau selang yang tersumbat kotoran. Selain tersumbat adalah terjadinya kebocoran pada selang-selang radiator.

Kemudian kamu juga harus mengecek cairan yang ada di dalam tangki radiator. Apakah air radiator masih berada di batas aman yang ditunjukkan melalui batas yang ada di reservoirnya. Jika mau pendinginan yang maksimal, kamu bisa mengisi air radiator dengan cairan coolant karena mengandung bahan-bahan kimia yang dapat meredam panas lebih cepat dibandingkan air biasa.

  • Termostat yang Rusak

Untuk yang satu ini, kamu mesti benar-benar mengeceknya karena termostat adalah alat yang mengukur suhu dalam mesin. Termostat ini langsung berhubungan dengan radiator karena termostat yang mengatur air di dalam radiator untuk masuk ke dalam mesin untuk melakukan pendinginan.

Jika kamu menemukan termostat di mobil kamu tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya cepat kamu ganti dan servis. Jika tidak, sistem sirkulasi air pendingin di dalam mesin tidak berjalan dengan baik, parahnya termostat tidak membaca suhu mesin yang naik sehingga bisa menimbukan mesin overheat.

  • Kipas Pendingin Mati

Kipas pendingin adalah sebuah kipas yang memiliki fungsi untuk menyedot udara dingin dari luar ke dalam mesih. Posisi kipas pendingin ini biasanya di belakang radiator mobil. Dengan mengambil udara dingin dari luar, kipas pendingin bisa menjaga suhu mesin tetap terjaga. Tapi jika kipas pendingin in mati, mesin mobil kamu tidak mendapatkan hembusan angin untuk mendinginkan air yang ada di radiator sehingga menyebabkan mesin mobil cepat panas.

Jadi itulah penyebab mesin mobil mengalami panas yang berlebih atau overheat dan sekarang kamu sudah tahu apa saja yang perlu diperiksa maupun diperbaiki. Hal yang paling benar untuk mencegah mesin mobil cepat panas ini adalah dengan merawatnya dengan rutin.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan