Oli Mobil Yang Tepat Bisa Bikin Mesin Mobil Awet

Oli mobil adalah suatu cairan pelumas yang berfungsi agar komponen mesin tidak saling berbenturan, sehingga mesin mobil dapat bekerja dengan mulus. Untuk itu, kamu perlu memilih oli mobil yang tepat agar mesin mobil kamu tetap sehat dan tetap berjalan dengan mulus. Beberapa orang memang mempercayai montir di bengkel untuk memilihkan oli mobilnya, tapi tidak ada salahnya kamu mengetahui oli mobil apa yang tepat untuk mobil kamu.

oli mobil

Cara Memilih Oli Mobil yang Tepat

  • Ketahui Karakter Mesin

Saat kamu memiliki mobil baru, pasti kamu mendapatkan buku manualnya. Dari buku manual tersebut kamu bisa mengetahui seluruh infomasi tentang mobil. Melalui buku manual tersebut, kamu juga bisa mengetahui oli yang tepat dan sesuai rekomendasi dari pabrik. Setelah mengetahui spesifikasi mesin dan mobil, kamu bisa tahu oli apa yang tepat. Perlu kamu ingat, oli yang tepat adalah oli yang cocok dengan mesin dan juga memiliki kualitas yang baik.

  • Ketahui Kekentalan Oli

Kekentalan oli mesin perlu kamu ketahui, karena setiap mesin mobil memiliki spesifikasi yang berbeda. Kekentalan oli ditunjukkan melalui nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Biasanya oli yang memiliki konsentrasi lebih kental ditunjukkan dengan angka yang semakin besar di belakan kode SAEnya. Sebagai contoh, jika kamu menemukan oli dengan kode SAE 20W-50 lebih kental dibandingkan dengan oli berkode SAE 10W-40.

  • Ketahui Jenis Bahan Oli

Saat ini memang banyak oli mesin mobil yang beredar di pasaran, tapi bahan yang digunakannya pun berbeda-beda. Untuk itu kamu perlu ketahui jenis bahan yang sering dipakai untuk pembuatan oli. Ada dua jenis bahan yang dipakai pembuatan, bahan yang pertama adalah bahan sintetis yang dibuat dari bahan kimia. Kemudian, bahan yang kedua adalah bahan dari minyak bumi.

  • Jangan Pakai Oli Palsu

Kamu perlu hati-hati dengan oli palsu ini, karena saat ini banyak sekali oli palsu yang dijual di pasaran. Kamu pun jangan mudah tergiur karena oli palsu dijual dengan harga yang lebih murah namun kualitas yang diberikan kurang baik. Untuk mengetahui ciri-cirinya, cukup mudah. Biasanya oli palsu berwarna agak lebih gelap dan memiliki bau yang tengik.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan