Mobil Cepat Rusak Akibat 5 Kebiasaan Buruk Ini

Mobil Cepat Rusak Akibat 5 Kebiasaan Buruk Ini

Mobil yang rusak dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya akibat kebiasaan mengemudi pemiliknya. Apalagi, jika sering berpergian menggunakan mobil pribadi. Sebab, gaya menyetir bisa memberikan pengaruh jika tidak tepat, apalagi jika ditambah kurang perawatan.

5 Kebiasaan Membuat Mobil Cepat Rusak

rusak

Banyak orang yang belum paham mengenai beberapa faktor yang dapat membuat mesin mobil cepat rusak. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui hal apa saja yang menyebabkannya sehingga mobil bisa tetap prima dan terhindar dari beberapa kebiasaan buruk di bawah ini.

Menahan Kopling

Bagi kamu yang memiliki mobil manual, kebiasaan menahan kopling biasanya sering dilakukan, apalagi saat kondisi jalanan sedang macet-macetnya. Sebab, menahan kopling lebih mudah daripada harus memindahkan gigi ke posisi netral setiap kali terhenti sementara. Akan tetapi, kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus akan membuat kampas kopling cepat habis. Maka, sebaiknya kamu harus menghindari menahan kopling dalam jangka waktu yang lama.

Sering Rem Mendadak

Saat berkendara, khususnya dengan kecepatan tinggi ketika berada di jalan raya atau jalan tol, rem mendadak seringkali terjadi. Terlalu sering melakukan rem mendadak tentu akan membuat rem menjadi cepat aus. Selain itu, kebiasaan menginjak pedal gas yang terlalu cepat juga dapat menghabiskan bahan bakar menjadi lebih boros.

Tidak Memperhatikan Kondisi Ban

Ban mobil merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan secara rutin, bahkan membutuhkan perawatan khusus. Jika tidak, ban mampu mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Terkadang, ada beberapa orang yang memaksa menggunakan ban gundul, aus, atau sudah menipis. Hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama dapat membahayakan diri dan merusak komponen mobil lainnya.

Tidak Menghiraukan Panel Indikator

Teknologi mobil yang canggih membantu pengguna mobil mendapatkan beberapa peringatan yang muncul di panel indikator mobil. Biasanya, panel indikator dapat mendeteksi masalah yang terjadi saat kondisi mobil tidak prima. Oleh sebab itu, kamu sebaiknyamemperhatian lampu indikator di panel mobil seperti temperatur dan oli, check engine, dan tanda-tanda peringatan lainnya. Sebab, jika tidak menghiraukan indikator tersebut dapat memperparah kondisi mobil. Maka dari itu, untuk meminimalisir kerusakan mobil, kamu dapat menghindari kebiasaan tersebut.

Menggunakan Gigi Netral Saat Jalan Menurun

Menggunakan gigi netral saat jalanan menurun memang membuat mobil menjadi lebih ringan dan melaju cepat. Akan tetapi, kebiasaan ini dapat membahayakan kamu karena berpotensi melakukan rem mendadak. Apalagi saat mobil sudah melaju kencang, sebab dapat membuat kagok saat akan memasukan gigi kembali. Parahnya, bisa menyebabkan slip dan sulit mengontrolnya. Sebaiknya kamu menggunakan gigi tiga jika transmisi mobil manual dan pindahkan gigi ke L/D untuk transmisi otomatis. Hal ini akan membantu kamu mengontrol laju kendaraan dan menjaga mobil dari kerusakan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan