4 Efek Buruk Knalpot Bocor Pada Mobil

Knalpot Bocor

Knalpot Bocor – Knalpot yang terpasang di mobil memiliki peranan yang sangat penting. Tak hanya berfungsi untuk menjadi saluran pembuangan sisa pembakaran saja, melainkan juga bisa berfungsi untuk memaksimalkan tenaga mesin. Bahkan knalpot juga dapat berfungsi sebagai komponen yang memengarungi efisiensi konsumsi BBM, serta mengurangi kebisingan dari sistem pembuangan.

Namun sayangnya, banyak dari para pemilik kendaraan mengabaikan kondisi knalpotnya. Khususnya untuk mobil lawas yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sebab di usia yang tua, akan banyak muncul permasalahan yang bisa dialami knalpot, salah satunya adalah bocor. Walaupun memang untuk masalah yang satu ini bukan hanya karena faktor umur saja, bisa jadi karena faktor lain seperti adanya benturan atau gesekan.

Efek Buruk Knalpot Bocor

Apabila knalpot mobil bocor ini tidak segera diperbaiki, maka akan mengakibatkan kerugian terhadap pemilik mobil. Apa saja efek buruk knalpot mobil bocor? Silakan simak selengkapnya di bawah ini :

1. Performa Mobil Menurun

Efek burut akibat knalpot bocor yang pertama adalah berkurangnya tenaga dari mobil itu sendiri. Ini bisa terjadi walaupun kondisi mesin mobil dalam keadaan yang sehat. Menurunnya performa mesin ini biasanya disebabkan oleh gas buang yang tidak terbuang secara maksimal hingga ke belakang. Dan biasanya ini diakibatkan karena adanya kebocoran pada pipa knalpot di bagian depan atau tengah.

Ketika knalpot bocor, yang harusnya gas buang ditahan sampai keluar di ujung knalpot akan terbuang melalui celah kebocoran yang ada. Akibatnya tentu pengemudi perlu menekan pedal gas yang lebih dalam untuk mendapatkan tenaga yang lebih maksimal.

2. Konsumsi BBM Boros

Dampak buruk yang kedua adalah konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros dari biasanya. Untuk poin kedua ini sebenarnya ada keterkaitan dengan poin yang pertama. Ketika pengemudi menekan pedal gas dengan dalam untuk mendapatkan tenaga, maka mau tidak mau bahan bakar yang dikeluarkan pun menjadi lebih besar. Dan ini berimbas pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

3. Asap Knalpot Gampang Masuk Kabin

Adanya kebocoran yang terjadi pada pipa knalpot mobil juga dapat berpengaruh terhadap penumpang di dalam mobil yang bisa terkena polusi udara dari hasil pembuangan knalpot. Hal ini bisa terjadi dikarenakan asap knalpot yang biasanya keluar melalui luban bagian belakang, justru keluat melalui lubang yang bocor di sisi tengah atau depan.

Ketika kebocoran knalpot terjadi di bagian depan atau tengah, otomatis asap bisa terhirup oleh penumpang di dalam mobil. Terlebih pada saat membuka kaca dan ingin bayar parkir atau tol, tentu saja ini cukup berbahaya.

4. Suara Berisik

Dampak buruk akibat knalpot bocor yang terakhir adalah suara yang dihasilkan knalpot akan menjadi lebih berisik atau muncul suara desisan. Umumnya suara mendesis ini bisa dirasakan di bagian depan atau tengah, tergantung dari posisi kebocoran knalpot itu sendiri. Apabila kebocoran ini dibiarkan, maka tentu saja sektor kenyamanan saat berkendara akan terganggu.

Dari banyaknya dampak buruk knalpot mobil bocor di atas, ada baiknya untuk seluruh pemilik mobil yang usianya sudah lawas untuk melakukan pemeriksaan kondisi knalpot secara rutin. Ini bisa dilakukan pada saat mobil dicuci hidrolik atau sedang melakukan servis rutin. Apabila pemilik mobil merasakan beberapa hal yang sudah di sebutkan di atas, maka segera lakukan perbaikan atau peggantian knalpot.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan