Kerak Jamur Putih Pada Aki, Ini Cara Mengatasinya!

Inilah Cara Mengatasi Munculnya Kerak Jamur Putih Pada Kepala Aki!

Pada dasarnya, munculnya kerak jamur putih pada terminal kepala aki memang hal yang cukup lumrah terjadi. Biasanya, kondisi ini terjadi pada mobil yang menggunakan aki tipe basah sebagai sumber tenaga listrik mobil. Namun tidak sedikit pula orang yang bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Nah simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab Munculnya Kerak Jamur Putih

Sebenarnya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya kerak jamur putih pada terminal kepala aki tersebut. Berikut ini pemaparan lengkapnya.

Hasil Residu Saat Proses Pengisian

Nah jamur sering kali menempel pada bagian kutub positif dan juga negatif aki. Biasanya, warnanya khas berupa putih kehijauan dan berbentuk seperti serbuk. Adapun untuk daya lekatnya, bisa dikatakan cukup kuat. Terutama pada area ujung kabel dan juga terminal aki. Meskipun awalnya hanya sedikit, akan tetapi bila dibiarkan maka akan bertambah banyak. Bahkan, bisa menutupi seluruh permukaan kepala aki tersebut lho!

Dalam hal ini, jamur tersebut sebenarnya muncul karena hasil residu yang terjadi saat proses pengisian alternator ke dalam aki. Pada kondisi normal, biasanya kerak putih tetap muncul akan tetapi jumlahnya hanya sedikit. Biasanya, hal ini diakibatkan karena pemakaian arus listrik yang dilakukan secara terus-menerus sehingga membuat aki menjadi panas. Nah inilah yang membuat air aki menguap dan menimbulkan jamur pada terminal kepala aki tersebut.

Over Charge

Penyebab lainnya, biasanya disebabkan karena proses pengisian yang terlalu berlebih. Hal ini membuat kepala aki menjadi panas sehingga lebih mempercepat pertumbuhan jamur tersebut. Oleh karena itu, kamu harus segera membersihkannya ya!

Lalu Bagaimana Cara Membersihkannya?

Adapun cara untuk mengatasi timbulnya kerak jamur putih di terminal kepala aki tersebut bisa dikatakan sangatlah mudah. Dikutip dari beberapa sumber, kamu bisa menggunakan air panas, baking soda atau pun air soda untuk membersihkan kerak ini. Di sini, kamu perlu melepaskan terlebih dahulu kedua kabel dari kedua kutubnya. Nah ketika melakukan hal tersebut, pastikan kamu menggunakan alat atau kunci yang pas ya.

Kemudian, kamu bisa menyiramkan air panas ini beberapa kali pada bagian kerak tersebut hingga rontok. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan baking soda atau pun air soda untuk membersihkannya. Dalam hal ini, pastikan kamu untuk selalu berhati-hati ketika melakukan hal tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan