4 Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil

Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil – Aki mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Tak hanya berfungsi untuk menyimpan daya listrik, aki juga memiliki peran untuk menyalurkan listrik tersebut ke seluruh komponen listrik yang ada pada kendaraan.

Di pasaran sendiri aki memiliki dua jenis yang biasa digunakan oleh kendaraan, yaitu aki kering dan juga aki basah. Walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun terdapat perbedaan antara aki kering dan juga basah. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil

1. Aki Kering

Aki kering adalah pengembangan dari aki basah. Tempat aki kering sendiri didesain  dengan menggunakan warna yang solid atau gelap. Kamu mungkin pernah melihat aki jenis ini hadir dengan beberapa warna seperti hitam, kuning, atau biru. Dengan warna ini, kamu tidak akan bisa melihat apa yang ada di dalamnya.

Perbedaan lainnya juga ada pada sisi dalamnya. Aki kering biasanya memiliki isi seperti gel, dan untuk tingkat pengupannya sendiri aki kering sangat lah kecil. Hal ini memungkinkan isi gel pada aki kering lebih awet dan terjaga. Aki kering memiliki kelebihan free maintenance atau bebas perawatan, hal ini menjadikan perbedaan antara aki kering dan juga basah.

2. Aki Basah

Apabila aki kering dibalut dengan desain yang memiliki warna gelap, maka aki basah adalah kebalikannya alias menggunakan tempat yang semi transparan. Hal ini dilakukan agar produsen aki lebih mudah untuk memantai kadar air aki yang di dalamnya.

Air aki atau disebut dengan air zuur adalah cairan yang berfungsi untuk merendam semua cell yang ada di dalam aki. Pengcekan air pada aki basah pun harus dilakukan secara rutin, ini dilakukan karena semua cell pada aki harus selalu terendam secara smepurna.

Apabila air aki berkurang, maka penyimpanan arus pun akan ikut berkurang. Oksidasi yang terjadi akan membuat lempeng cell menjadi berkarat dan mengakibatkan pasokan listrik pada kendaraan menjdai tidak maksimal.

3. Perawatan

Perbedaan aki kering dan basah selanjutnya adalah dilihat dari bagaimana cara perawatannya. Kedua jenis ini memiliki cara perawatan yang berbeda. Untuk aki basah sendiri, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kadar air di dalam aki secara rutin. Selain itu, aki basah juga perlu diperhatikan kutub positif dan juga negatifnya.

Kemudi untuk aki kering, perawatannya lebih mudah dibandingkan aki basah. Pemilik kendaraan hanya perlu menggunakan kendaraan daripada harus mendiamkan kenndaraan. Untuk urusan perawatan, aki kering memang dikenal dengan aki yang minim perawatan. Dan untuk masa pakainya pun lebih lama dibandingkan dengan aki basah.

4. Harga

Perbedaan terakhir adalah di sekotr harga. Perbandingan harga antara aki kering dan juga basah sangat lah jauh. Untuk harga aki kering sendiri biasanya dihargai dua kali lipat dari harga aki basah.

Demikian perbedaan aki basah dan kering pada mobil yang mungkin berguna. Semoga bermanfaat.

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021