6 Komponen dan Fungsi Karburator Mobil

Fungsi Karburator Mobil

Fungsi karburator mobil adalah sesuatu yang sangat penting pada sebuah mobil. Fungsu utamanya sendiri adalah untuk mengumpulkan dan juga mencampurkan udara serta bahan bakar kendaraan untuk kemudian digunakan oleh mesin pembakaran bagian dalam. Walaupun kini sudah terdapat navigasi kontrol secara elektronik pada mobil yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar, karburator sendiri masih tetap digunakan pada beberapa mobil yang menggunakan bahan bakar bensin.

Untuk lebih memahami fungsi karburator mobil dan juga komponen didalamnya, berikut bisa kamu simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Fungsi Karburator dan Komponennya

Karburator pada sebuah mesin mobil terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Tanpa adanya beberapa komponen ini, karburator tak bisa berfungsi sebagaimana mesinya. Berikut komponen karburator dan juga fungsinya.

Float Chamber

Komponen pertama yang ada pada karburator adalah float chamber atau biasa disebut dengan ruang bakar. Fungsinya cukup jelas, yaitu sebagai ruang pembakaran bahan bakar mobil. Dengan adanya komponen ini, maka fungsi karburator yang utama adalah sebagai mekanisme pembakaran bahan bakar pada sebuah mobil. Letak komponen ini sendiri ada di kepala silinder.

Pada ruang bakar, bahan bakar mobil (bensin) akan dicampurkan dengan udara yang sudah dikompresi melalui piston (torak) di dalam silinder itu sendiri. Setelah dua material tersebut sudah tercampur, maka proses pembakaran pun akan berjalan.

Floater

Komponen yang ada pada karburator mobil selanjutnya adalah floater atau biasa disebut dengan pelampung. Ukuran komponen ini sendiri sangat kecil, namun dengan ukuran tersebut perannya sangat vital. Kinerja floater bergantung pada tinggi rendahnya level bahan bakar kendaraan. Dengan adanya pelampung, maka level ketinggian bahan bakar kendaraan juga akan stabil.

Choke Valve

Berikutnya adalah komponen bernama choke valve. Fungsi choke valve sendiri adalah untuk menambahkan jumlah campuran bahan bakar. Dengan begitu maka mobil juga akan lebih mudah untuk dihidupkan. Komponen ini memiliki peran yang sangat penting pada mobil yang jarang dihidupkan atau selalu dalam keadaan diam dan dingin. Gunakan komponen choke valve ini untuk menghidupkan kendaraan yang lama tidak digunakan. Setelah mesin mobil menyala, maka segera kembalikan komponen ini pada posisi yang semula.

Throttle Valve

Komponen yang biasa disebut dengan piston valve ini adalah komponen penyusun karburator mobil yang memiliki tugas untuk mengendalikan jumlah campuran udara yang masuk ke ruang bakar mobil. Komponen throttle valve sendiri bekerja dengan komponen main jet yang beriringan. Ketika throttle valve ini terbuka, maka main jet pun akan terbuka. Jadi, tak heran apabila kedua komponen ini sering disebut dengan sebuah komponen yang satu kesatuan.

Main Jet

Komponen ini adalah komponen yang beriringan dengan throttle valve. Sebenarnya fungsi main jet sendiri adalah untuk mengatur seberapa banyak bahan bakar pada kendaraan yang akan disalurkan ke ruang bakar. Bahan bakar tersebut akan dicampur dengan udara yang disalurkan oleh throttle valve.

Bentuknya sendiri berbentuk kerucut namun terbalik, semakin ke bawah maka semakin lancip. Ketika kamu menekan pedal gas, maka main jet ini akan terangkat. Jumlah bahan bakar kendaraan yang masuk ke ruang bakar juga akan semakin besar, dan tentu saja mobil akan melaju lebih cepat.

Slow Jet

Selain main jet, ada juga komponen bernama slow jet yang terpasang pada karburator. Fungsi slow jet sendiri adalah untuk memasok bahan bakar kendaraan dan juga udara bersih ketika mobil sedang kondisi idle atau mati.

Dengan begitu, mobil sendiri bisa dihidupkan kembali nantinya, Bentuk slow jet sendiri mirip lubang kecil yang terletak di bagian depan karburator.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan