Cara Mengemudi Mobil dengan Aman & Nyaman

Cara Mengemudi Mobil

Sebagai pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil, kamu perlu mengetahui cara mengemudi mobil yang aman dan juga nyaman. Mungkin untuk sebagian orang mengendarai mobil adalah hal yang mudah, namun saat berbicara keselamatan berkendara masih banyak yang kurang mengerti bahwa gaya berkendara juga dapat berpengaruh.

Cara Mengemudi Mobil dengan Aman

Dikutip melalui oto.detik.com, brand ambassador Mitsubishi Motors, Rifat Sungkar memberikan tips tentang bagaimana cara mengemudi mobil dengan posisi duduk yang benar. Simak tipsnya berikut ini:

1. Posisi Ergonomis

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat mengemudi adalah posisi duduk. Posisikan duduk kamu saat menyetir seergonomis mungkin, tempelkan punggung dengan back rest atau sandaran jok. Selain itu, sesuaikan sandaran kamu kira-kira memiliki sudut 100 derajat.

Dengan sudut seperti ini, maka posisi duduk tersebut akan menurunkankan tekanan yang ada di punggung bagian bawah. Sehingga hal tersebut akan membuat kamu menjadi nyaman walaupun dalam kondisi mengemudi perjalanan jauh. Dan perlu kamu ingat, ada baiknya posisikan tempat duduk sebelum melakukan perjalanan.

2. Posisi Tangan

Posisi tangan kamu saat mengemudi juga perlu kamu perhatikan, karena selama perjalanan, tangan adalah bagian tubuh yang mengendalikan kemudi dan juga tuas persneling. Posisikan tangan dengan aturan jam 0 dan arah jam 3. Caranya adalah dengan membayangkan kemudi kamu adalah sebuah jam, letakkan tangan kiri di arah jam 9, dan tangan kanan di arah jam 3. Posisikan juga lingkar kemudi sesuai dengan postur badan kamu.

3. Jangan Menekuk Kaki

Selain tangan, posisikan kaki kamu juga ketika mengemudi tidak terlalu menekuk dan tidak juga terlalu lurus. Hal ini dikarenakan untuk menghindari lutut kamu mengalami nyeri. Atur lah posisi kaki kamu dengan menyetel maju mundur jok pengemudi. Biasanya, untuk mobil tertentu sudah memiliki pengaturan tempat duduk secara manual ataupun otomatis.

4. Sesuaikan Tinggi Kursi

Tips terakhir adalah  menyesuaikan tinggi kursi pengemudi dengan postur tubuh. Posisikan kursi hingga pinggul pengemudi dapat sejaajr dengan lutut dan angkat kursi lebih tinggi apabila kamu tidak bisa melihat jelas kaca depan. Dan usahakan ketika mengemudi, pingguh lebih rendah dari lutut kamu untuk menghindari penyumbatan peredaran darah di kaki.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan