Tips Otomotif

Cara Merawat Velg Mobil dengan Mudah dan Benar

Cara Merawat Velg Mobil – Saat ini beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami musim penghujan yang intensitasnya cukup tinggi. Dan pada saat musim hujan seperti saat ini, kondisi velg mobil yang berbahan alumunium tentu akan mendapat masalah. Tidak hanya menghilangkau kilau dari velg, namun risiko datangnya korosi pada velg juga kemungkinan tidak bisa dihindari.

Ada baiknya lakukan perawatan secara rutin pada pelek mobil setidaknya satu minggu sekali selama musim hujan berlangsung. Namun sekadar mencuci velg dengan shampo khusus juga tidak sepenuhnya membantu. Karena memang air hujan sendiri sudah tercampul dengan limbar, lumpul, dan menempel flek yang cukup mengganggu.

Cara Merawat Velg Mobil

Velg yang terbuat dari bahan alumunium memang dibuat dan juga diproduksi dengan pelapis tambahan yang anti karat. Namun jangan juga sembarangan untuk membersihkan pelek alumunium dengan cairan pembersih yang ada, karena jika salah maka hal tersebut akan berakibat fatal untuk pelek mobil itu sendiri.

Maka dari itu, simak beberapa cara merawat velg mobil dengan benar saat musim hujan datang di bawah ini. Termasuk pemilihan cairan pembersih velg yang aman agar kondisi kaki-kaki mobil tetap terjaga seutuhnya.

Perlu diperhatikan bersama, pada saat mencuci pelek ada baiknya gunakan semprotan air yang memiliki tekanan tinggi agar membersihkan kotoran yang menempel. Setelah itu bilas setelah selesai menyabuni seluruh permukaan pelek. Gunakan sikat gigi bekas untuk membantu kamu menghilangkan kotoran yang ada di bagian-bagian tertentu.

Setelah kondisi pelek sudah mengering, maka lap dengan menggunakan kain halus yang lebar agar kondisi pelek menjadi kilap kembali kembali. Perlu digaris bawahi, hindari penggunaan menggosok velg dengan produk yang memiliki daya abrasive tinggi (seperti senyawa chrome polish, rubbing compound, dan bahan lainnya yang dibuat untuk mengkilapkan cat bodi).

Walaupun memang beberapa flek yang menempel bisa segera hilang, namun apabila tetap dilakukan maka velg alumunium menjadi tidak mengkilap lagi. Berbeda lagi ketika velg sudah kehilangan lapisan antikarat yang menempel, kamu boleh membersihkannya dengan menggunakan senyawa kimia seperti kompon atau mag wheel polish.

Setelah bersih, ada baiknya velg alumunium ini segera dilapisi kembali dengan cat baru setelah sebelumnya digosok rata dengan ampelas di seluruh permukaannya. Proses ini akan membantu velg tahan dari serangan korosi yang semakin tinggi pada musim hujan.

Pos Terbaru

4 Fungsi Filter Bensin yang Wajib Diketahui

Sebagai pemilik mobil, apakah kamu pernah berpikir kalau bensin yang masuk ke dalam mesin bisa… Selengkapnya

26 November 2021

Kaca Mobil Mengembun, Begini Cara Mengatasinya

Kaca mobil mengembun memang sangatlah mengganggu, terutama sektor visibilitas untuk pengemudi. Saat musim hujan seperti… Selengkapnya

23 November 2021

Aquaplaning, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

Saat ini beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda musim hujan yang cukup intens setiap harinya.… Selengkapnya

23 November 2021

Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Matik Lebih Awet

Mobil matik memang menjadi mobil yang serba praktis, termasuk dalam hal mengoperasikannya. Mobil transmisi otomatis… Selengkapnya

22 November 2021

Perbedaan Sunroof dan Moonroof

Tidak semua atap mobil yang bisa dibuka dinamakan sunroof, karena memang ada banyak sekali jenis… Selengkapnya

19 November 2021

3 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Exhaust atau knalpot mobil yang keluar asap putih dan air memang tidak bisa didiamkan begitu… Selengkapnya

18 November 2021