4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil Tidak Bisa Distarter

Ketika ingin melakukan perjalanan namun tiba-tiba mobil tidak bisa distarter adalah kondisi yang membuat panik dan juga emosi pemiliknya. Perlu diketahui, kondisi ini bisa terjadi dikarenakan beberapa masalah yang terjadi pada mesin mobil.

Penyebab mobil tidak bisa distarter dan hidup biasanya datang dari bagian aki yang sudah mulai soak termakan usia. Komponen yang menyimpan energy listrik pada mobil ini memang akan mengalami penurunan fungsi seiring dari masa pemakaiannya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ketika aki sudah termakan usia, maka kinerja aki pun akan semakin menurun. Namun, selain dari aki ternyata ada penyebab lain yang mengakibatkan mobil tidak bisa menyala. Dilansir melalui laman resmi Auto2000, setidaknya terdapat 4 penyebab hal ini bisa terjadi. Silakan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Busi Mobil Kotor

Seperti yang kita tahu semuanya, busi adalah komponen yang sangat penting di dalam proses starter mobil. Busi yang tidak bersih alias kotor ini bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa hidup ketika distarter. Debu dan kotoran yang menempel pada busi bisa saja menghambat percikan bunga api ketika proses starter dilakukan.

Karena itu, kamu sangat perlu secara rutin melakukan pembersihan pada busi mobil untuk mencegah kotoran atau debu ini menempel. Silakan gosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetral khusus.

2. Aliran Bahan Bakar tak Lancar

Penyebab lain dari mobil tidak bisa menyala adalah karena aliran bahan bakar yang tidak lancar. Untuk bisa menyala, mesin mobil membutuhkan bahan bakar yang disalurkan dari tangki mesin. Namun ketika aliran bahan bakar yang berasal dari tangki tidak terdistribusi dengan sempurna ke mesin maka mesin tidak bisa dinyalakan. Ada baiknya segera lakukan pembersihan pada bagian tangki bahan bakar, filter, dan juga needle valve.

3. Dinamo Starter/Ampere Rusak

Penyebab selanjutnya bisa kamu lihat pada komponen dinamo starter. Dinamo ampere atau yang biasa disebut dengan alternator ini adalah komponen penting yang memiliki fungsi untuk mengalirkan listrik ke aki. Apabila dinamo ampere rusak atau bermasalah, maka ini bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.

Perlu diingat juga bahwa dinamo ampere bukan sebuah komponen yang gampang rusak. Artinya apabila komponen ini mengalami penurunan performa bisa dipastikan bahwa usia pakai yang sudah lama adalah penyebabnya.

4. Koil Mobil Terlalu Panas

Penyebab mobil tidak bisa menyala yang terakhir adalah karena komponen koil yang mengalami masalah. Fungsi koil sendiri adalah untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah besar ke aki. Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan bisa memantik pijaran bunga api. Inilah mengapa apabila koil terlalu panas, maka bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa menyala saat distarter.

Untuk cara mengatasinya sendiri kamu bisa melakukan pengecekan dengan membawa mobil ke bengkel langganan atau bengkel resmi. Apabila koil mengalami kerusakan, maka segera lakukan penggantian komponen baru kepada montir untuk meningkatkan kinerja mobil kembali.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan