Menghitung Ukuran Parkir Mobil yang Pas & Nyaman

Ukuran Parkir Mobil

Ukuran parkir mobil yang benar adalah sesuai dengan ukuran mobil kesayangan kamu. Apabila lahan parkir yang kamu miliki dirasa cukup bahkan lebih, maka hal tersebut bukan lah sebuah masalah. Beda cerita apabila ukuran lahan parkir yang tersedia kurang dan tidak cukup. Mau tidak mau kamu perlu melakukan renovasi bangunan rumah agar mobil kamu bisa masuk.

Untuk menyiasatinya, kamu dapat menyiapkan lahan parkir sesuai dengan ukuran mobil yang diinginkan. Jika sudah menentukan mobil apa yang ingin dimiliki, maka tambahka beberapa jarak agar pintu mobil bisa dibuka tutup dengan mudah.

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, setidaknya ada 3 ukuran mobil yang perlu kamu ketahui untuk membuat sebuah lahan parkir. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ukuran Parkir Mobil Kecil

Untuk kamu yang memiliki mobil dengan ukuran kecil seperti Toyota Agya dan sejenisnya, maka silakan ukur terlebih dahulu ukuran panjang dan lebar mobil. Apabila mengambil contoh Agya, mobil ini memiliki panjang kurang lebih 3,66 meter, lebar 1,6 meter, dan tinggi 1,52 meter. Maka kamu perlu menyiapkan lahan setidaknya seluas 3×5 meter.

Rumus mudahnya ialah dengan menambah kurang lebih 60 cm di setiap sisi parkiran, terutama pada sisi kanan dan kiri. Dengan adanya penghitungan ini maka kamu bisa membuka dan menutup pintu mobil dengan mudah tanpa perlu khawatir mentok.

Ukuran Parkir Mobil Sedang

Apabila kamu ingin memiliki mobil dengan ukuran medium atau sedang seperti Toyota Avanza dan lainnya. Maka kamu perlu menyiapkan lahan yang sesuai juga dengan mobil ukuran sedang. Untuk mobil Avanza sendiri memiliki ukuran panjang 4,19 meter, lebar 1,66 meter, dan tingginya 1,695 meter.

Kamu bisa menambahkan kurang lebih 1,3 meter tari total luas parkiran mobil ukuran kecil. Kurang lebih kamu perlu menyiapkan lahan dengan ukuran 3×5,5 meter untuk mobil ukuran sedang ini.

Lahan Parkir Mobil Besar

Ukuran terakhir adalah apabila kamu ingin memiliki mobil dengan ukuran besar seperti Toyota Fortuner dan yang lainnya, maka tentu saja ukuran lahan parkir yang disiapkan perlu lebih luas lagi. Sebagai contoh, Fortuner sendiri memiliki ukuran panjang sekitar 4,8 meter, lebar 1,85 meter, dan tinggi 1,83 meter.

Hal ini berarti kamu perlu lahan yang lebih luas untuk memudahkan pintu mobil terbuka dan tertutup dari sisi kanan, kiri, maupun belakang. Dengan rumus awal yaitu menambahkan 60 cm setiap sisinya, maka bisa didapatkan kamu memerlukan lahan sepanjang 6 meter untuk menampung Toyota Fortuner.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan