Ukuran Angin Ban Mobil Ideal Untuk Berkendara

Ukuran Angin Ban Mobil

Ukuran Angin Ban Mobil – Masih banyak dari para pemilik mobil yang tidak mengetahui ukuran angin ban mobil yang dikendarainya. Padahal, apabila ukuran angin ban tak ideal akan menyebabkan terganggunya kenyamanan dan juga performa kendaraan saat dikendarai. Bahkan lebih parahnya dapat menyebabkan hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan terjadi.

Ukuran angin pada ban yang terlalu rendah juga dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran ban saat melintasi medan jalan yang berbatu. Sedangkan apabila tekanan angin ban terlalu tinggi, maka akan berpotensi terjadinya aquaplaning ketika melintasi jalan berair. Lalu, berapakah tekanan angin ideal untuk ban mobil? Berikut penjelasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Cara Tahu Ukuran Angin Ban Mobil Ideal

Untuk masing-masing jenis mobil tentu saja memiliki ukuran tekanan angin yang berbeda satu sama lainnya. Hal tersebut dikarenakan ukuran tekanan ban ditentukan dan bergantung pada jenis mobil dan ban mobil yang digunakan oleh pabrikan itu sendiri.

Untuk mengetahui berapa tekanan angin yang tepat untuk mobil yang kamu gunakan, kamu bisa melihat Informasi Tekanan Ban atau Tire-Loading Information yang berada di bagian frame pilar pintu depan sisi kanan mobil (pintu pengemudi).

Kamu bisa membuka pintu bagian depan sisi kanan atau pintu pengemudi. Pada pilar sisi dalam, tepatnya di sebelah kanan bawah jok pengemudi terdapat stiker berbentuk kotak yang berisikan informasi mengenai tekanan ban rekomendasi pabrikan.

Untuk contoh, apabila kamu menggunakan mobil Toyota All New Kijang Innova, maka ukuran ban mobil standarnya adalah 205/65R16 dan ukuran angin ban mobil yang ideal untuk depan belakang adalah 33 psi. Namun apabila mobil yang kamu gunakan biasa mengangkut penumpang atau beban yang lebih berat, maka tekanan ban belakang perlu dinaikkan 2 hingga 3 psi dari tekanan standar.

Daftar Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal

Dengan mengisi tekanan angin ban mobil yang tepat, maka kenyamanan dan juga keamanan ketika berkendara juga akan di dapat. Tekanan anginn pada ban ini sendiri sangat dipengaruhi oleh temperatur udara di lingkungan sekitar. Untuk mengetahui lebih lengkap ukuran angina ban mobil standar sesuai pabrikan, bisa kamu simak di bawah ini :

Jenis Mobil Tekanan Angin Ban Mobil Ideal
Mobil MPV 30 – 33 Psi
Mobil City Car 29 – 32 Psi
Mobil Sedan 28 – 31 Psi
Mobil SUV 35 – 40 Psi

Dan itu dia daftar tekanan angin ban mobil yang ideal untuk beberapa jenis mobil agar ketika berkendara dapat merasakan kenyamanan dan juga keamanan yang maksimal. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan