Apakah Mesin Mobil Boleh Dicuci Menggunakan Air?

Apakah Mesin Mobil Boleh Dicuci Menggunakan Air

Apakah Mesin Mobil Boleh Dicuci Menggunakan Air – Mencuci mobil adalah bentuk perawatan yang cukup mudah yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik ataupun pengguna mobil. Namun untuk bagian mobil yang dibersihkan biasanya hanya yang terlihat mata saja, sebut saja seperti bodi mobil, ban, pelek, hingga kabin. Dan bagian-bagian yang luput dari jangkauan langsung mata seperti mesin akan luput dari proses perawatan tersebut.

Mungkin banyak timbul pertanyaan dibenak pemilik mobil, apabila mesin mobil perlu dibersihkan, apakah disemprot langsung menggunakan air yang mengalir diperbolehkan? Tentu saja hal tersebut tidak sesederhana apa yang dipikirkan.

Apakah Mesin Mobil Boleh Dicuci Menggunakan Air?

Dikutip melalui laman resmi Suzuki, untuk membersihkan mesin mobil adalah perkara yang tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan area ini penuh dengan komponen mobil yang sensitif dengan air. Khususnya komponen elektrikal yang berisiko besar akan mengalami korsleting ketika terkena air.

Lalu, bagaimana untuk mengatasi permasalahan tersebut dan cara untuk membersihkan mesin dengan aman? Untuk melakukan pembersihan pada area mesin, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali terlebih dahulu posisi bagian-bagian komponen elektrikal yang disimpan. Sebut saja seperti ECU, sekring-sekring, serta komponen elektrikal lainnya seperti sensor ABS.

Sebelum melakukan pembersihan, tutup terlebih dahulu seluruh komponen elektrikal dengan plastic, atau minimal bisa terlindung dari cipratan air. Jika terdapat kabel yang tidak terbungkus atau bungkusnya sudah terkelupas, maka segera bungkus kembali kabel tersebut dengan isolasi. Lakukan dengan rapi agar air tidak masuk ke dalam komponen yang dilindungi tersebut.

Jika komponen kelistrikan sudah dipastikan aman, maka langkah selannjutnya kamu sudah bisa melakukan pencucian dengan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Siapkan water spray, lalu cuci mesin seperti biasanya.
  2. Setelah disabuni, semprot bagian mesin mobil dengan cairan degreaser sembari disikat secara lembut. Kamu bisa gunakan sikat gigi bekas atau engine brush untuk melakukannya.
  3. Semprot kembali area mesin dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran, sekaligus membersihkan bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin mobil.
  4. Setelah dipastikan bersih, semprot bagian yang dicuci tadi menggunakan kompresor angin. Hal tersebut dilakukan untuk membuang sisa air yang masih mengendap disekitar mesin.
  5. Untuk menghindari timbul kerak, maka ada baiknya jangan gunakan mobil secara langsung. Diamkan terlebih dahulu selama 2-3 jam untuk memastikan bagian mesin untun benar-benar kering.
  6. Terakhir, nyalakan mesin dan juga hangatkan mobil.

Sembari menghangatkan mesin mobil, tak ada salahnya apabila kamu mengecek kembali komponen kelistrikan pada mesin, termasuk lampu, klakson, dan juga lainnya. Jika ada kerusakan yang terjadi, maka cek kembali bagian yang sudah dilindungi tadi dan pastikan semuanya sudah kering secara maksimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan