Mobil Offroad – Jenis, Tips, Harga, & Rekomendasi Velg Offroad

Mobil Offroad

Mobil Offroad adalah mobil yang memang didesain dengan rangka yang dapat melewati medan tak beraspal. Jenis mobil ini juga didesain sebagai teman untuk berpetualang atau menaklukan medan yang sangat sulit. Di Indonesia sendiri, jumlah penggemar mobil offroad tentunya sangat banyak. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak sekali medan jalan yang cocok untuk kegiatan offroad.

Dan para offroader ini banyak sekali yang “ngiler” sekaligus tertantang untuk menaklukannya. Mulai dari jalanan berair seperti sungai, sawah, bukit, hingga pegunungan merupakan beberapa contoh medan jalan yang disenangi untuk dilewati mobil offroad.

Di pasaran sendiri ada banyak sekali model dan juga jenis-jenis mobil offroad yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera masing-masing. Entah itu yang memang murni mobil dengan spesifikasi offroad, atau mobil standar yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk keperluan offroad.

Jenis Mobil Offroad

Perlu kamu ketahui, mobil offroad sendiri sebenarnya terdiri dari 2 jenis saja. Yaitu SUV atau Sport Utility Vehicle dan juga Crossover SUV. Kedua kategori mobil ini menggunakan mesin atau roda penggerak yang sama yaitu 4 roda 4FWD alias 4×4. Untuk mengetahui dari kedua jenis mobil tersebut, silakan informasi lengkapnya di bawah ini.

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil SUV adalah jenis mobil yang memiliki mesin dengan penggerak 4 roda. Mobil dengan jenis SUV juga memiliki ground clearance atau jarak kendaraan dari tanah yang cukup tinggi. Di luar negeri sendiri ada beberapa mobil SUV yang cukup laris manis diburu oleh para offroader. Sebut saja diantaranya ada Ford Explorer, Land Rover Discovery, dan tentu yang paling terkenal adalah Jeep Grand Cherokee.

Masih ada beberapa mobil pilihan lainnya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pabrik mobil terkenal dengan desain dan juga model terbaru. Mobil-mobil di atas memang didesain dengan tampilan yang maskulin dan juga power tinggi agar dapat menaklukan berbagai medan jalan yang dilalui.

Untuk Indonesia sendiri terdapat beberapa mobil SUV yang bisa digunakan sebagai kendaraan offroad. Namun karena pasar luar dan dalam negeri berbeda, mobil SUV di Indonesia dibagi lagi menjadi beberapa varian yang memiliki tenaga, fitur, dan harga berbeda. Salah satunya ada jenis Low SUV yang diisi oleh mobil-mobil seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan Honda BRV.

Selain itu ada juga varian Mid SUV yang diisi oleh barisan mobil seperti Honda CR-V, Ford Everest, Kia Sorento, Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva, dan masih banyak lainnya. Umumnya mobil yang ada di karegori ini memiliki standar yang sama dengan EuroNCAP.

Baca Juga: Velg Offroad Murah & Berkualitas

Mobil Crossover SUV

Mobil jenis Crossover SUV merupakan mobil yang memiliki konstruksi monokok yang dimana kemampuan untuk offroadnya bisa dibilang cukup rendah dibandingkan dengan mobil offroad lainnya. Mobil dengan jenis ini terkadang dibenduk dengan desain seperti station wagon/estate seperti Chevrolet Equinox, Lexus RX dan juga BMW X5. Mobil dengan jenis Crossover SUV juga merupakan mobil dengan balutan desain yang sangat modern, elegan, hingga terlalu sayang untuk digunakan di medan jalan yang tak beraspal.

Di Indonesia sendiri mobil offroad yang biasa digunakan dan paling ternama hanya ada beberapa saja. Diantaranya ada Toyota Landcruiser, Suzuki Jimny dan Katana, hingga Jeep CJ7. Namun untuk seseorang yang berasal dari kalangan menengah ke atas mungkin bisa membeli mobil off road dengan kemampuan yang lebih luar biasa.

Untuk yang masih pemula dalam dunia offroad ini mungkin tak hanya merasakan tantangan saja, melainkan berbagai kesulitan. Terjebak hingga terjerembab di dalam kubangan yang dalam menjadi hal yang lumrah terjadi untuk seorang pemula. Kita sebagai pemula sebenarnya bisa menghindari “kegagalan” tersebut apabila mengetahu tips dan triknya. Untuk itu, simak lebih lengkap mengenai tips bermain offroad untuk pemula di bawah ini.

Tips Bermain Offroad untuk Pemula

1. Ikut Komunitas Offroad

Untuk kamu yang memang belum memiliki skill atau bahkan baru pertama kali mencoba offroad, sangat disarankan sekali untuk bergabung dengan sbeuah klub atau komunitas. Kamu bisa menumpang di mobil para suhu offroader yang sudah berpengalaman sebagai penumpang agar bisa memperhatikan bagaimana cara mengendalikan mobil pada saat melewati medan jalanan.

Jangan pernah memaksakan untuk ikut dalam kegiatan offroad dengan mengemudikannya sendiri, karena ini akan berbahaya. Standar keselamatan untuk offroad yang berlaku adalah dua orang atau tiga orang lebih baik. Bergabung dengan sebuah club atau komunitas merupakan pilihan terbaik untuk kamu sebagai pemula agar bisa mendapatkan ilmu sekaligus pengalaman.

2. Pahami Medan Offroad

Sebelum mulai untuk offroad, kamu sebagai pengemudi perlu memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah memahami jenis atau kontur jalan yang akan ditempuh selama kegiatan. Untuk offroad sendiri biasanya dibagi menjadi beberapa jenis kegiatan, diantaranya ada fun offroad, extreme, speed, adventure offroad, dan touring offroad.

Masing-masing jenis kegiatan memiliki medan jalan dan tantangan tersendiri. Hal ini tentu saja perlu kamu pahami agar bisa memilih jenis kegiatan yang cocok dan sesuai dengan kemampuan serta jenis kendaraan yang dimiliki.

3. Kuasai Teknik

Tips selanjutnya untuk para offroader pemula adalah perlu menguasai teknik-teknik yang ada. Namun pada umumnya teknik menggunakan kecepatan rendah pada saat jalan menanjak atau menurun adalah pengetahuan yang harus diketahui. Semakin pelan pergerakan mobil, maka semakin mudah juga mobil untuk dikendalikan.

Selanjutnya kuasai teknik pengendalian diri alias jangan panikan dan tetap rileks ketika mobil terjebak, tarik napas terlebih dahulu secara dalam-dalam dan pikirkan trik jitu untuk meloloskan mobil dari rintangan. Sebagai contoh adalah pada saat ingin melewati lintasan sungai, maka kamu perlu mengetahui kedalaman dan derasnya air tersebut sebelum memutuskan untuk menyeberanginya.

4. Manfaatkan Fitur Mobil

Saat ini banyak sekali fitur-fitur canggih yang sudah tersemat pada sebuah mobil offroad. Dengan adanya fitur ini mungkin bisa sedikit membantu kita pada saat melintasi jalanan berkontur offroad. Fitur-fitur penting yang bisa menjaga keselamatan pada saat berkendara diantaranya ada Hill Launch Asist (HLA) yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan mobil di jalan yang menurun.

Selanjutnya ada fitur Elctronic Stability Control (ESC) yang berfungsi untuk mengaktifkan tekanan rem pada saat ban menahan kekuatan dari mesin, serta berfungsi untuk mencegah mobil kehilangan pada saat tergelincir.

5. Perhatikan Bahan Bakar Cadangan

Bahan bakar cadangan adalah hal yang sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk berpetualang dengan menelusuri alam bebas dengan menggunakan mobil offroad. Karena melihat jalur yang dilewati tidak akan ada stasiun pengisian bahan bakar, maka dari itu sangat penting sekali untuk membawa bahan bakar cadangan selama perjalanan.

Cara Membedakan Mobil Offroad dengan Mobil Biasa

Cara membedakan antara mobil offroad dan mobil biasa sendiri bisa kamu perhatikan dari ukuran ban mobilnya. Biasanya, mobil offroad ini memiliki ban mobil yang lebih besar dengan tapak ban yang dalam. Kebutuhan ban yang lebih besar ini berufngsi untuk mendukung mobil pada saat melewati jalanan dengan medan yang curam.

Kotornya mobil pun menjadi hal lumrah dan dianggap penyemangat oleh para offroader untuk bisa melewati jalanan yang sangat ekstrem dan juga curam tersebut. Lalu, apa saja merk mobil offroad murah yang bisa kamu miliki untuk memulai balap di area offroad?

Walapun saat ini sudah banyak mobil offroad dengan range harga mulai dari Rp 220 juta hingga 2 miliar rupiah, namun tak sedikit juga ada mobil offroad yang memiliki harga mulai dari Rp 25 juta saja. Penasaran apa saja mobil offroad murah ini? Silakan simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Kumpulan Modifikasi Mobil Dengan Velg HSR

Harga Mobil Offroad Murah 2021

1. Chevrolet Trooper 1986 – 25 Jutaan

Mobil offroad murah pertama yang bisa kamu dapatkan adalah Chevrolet Trooper tahun 1986. Mobil ini adalah mobil keluaran dari Chevrolet yang menjadi mobil legendaris dengan kapasitas mesinnya sebesar 2200 cc. Dengan mesin ini, Chevrolet Trooper dapat mengahasilkan tenaga hingga 4000 rom. Artinya mobil ini sangat kuat sekali bahkan diklaim mampu bertahan di medan jalan yang sulit sekalipun.

Kamu bisa mendapatkan mobil Chevroler Trooper ini hanya dengan harga Rp 25 jutaan saja untuk mobil keluaran tahun 1986. Walaupun mobil ini sudah berusia tua, namun untuk kekuatannya sendiri masih sangat bagus dan juga nyaman untuk digunakan di medan offroad.

2. Suzuki Katana 1993 – 50 Jutaan

Mobil Suzuki Katana tahun 1993 adalah salah satu pilihan yang bisa juga kamu pilih untuk menemani kegiatan offroad mu. Mobil ini cukup terkenal sebagai mobil offroad yang memiliki harga murah dibandingkan dengan merk lainnya. Apabila budget yang kamu miliki hanya 50 jutaan saja, maka kamu bisa mendapatkan Suzuki Katana Second yang diproduksi pada tahun 1993 atau sebelumnya.

Mesin dari mobil ini cukup bandel sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam kegiatan offroad melewati jalanan dengan kontur tanah atau ekstrim sekalipun.

3. Daihatsu Feroza 1995 – 55 Jutaan

Mobil produksi Daihatsu ini memiliki bodi yang mirip dengan Suzuki Katana. Daihatsu Feroza bisa dibilang masuk ke dalam kategori mobil offroad idaman anak muda yang memiliki power hingga 5700 rpm. Untuk kamu yang memang memiliki budget Rp 55 jutaan dan ingin membeli sebuah mobil offroad, maka masukkan Daihatsu Feroza 1995 ini ke dalam list pencarian mobil kamu. Daihatsu Feroza siap untuk menemani kegiatan offroadmu dengan berbagai kelebihannya.

4. Suzuki Jimny 1987 – 60 Jutaan

Mobil besutan Suzuki ini adalah salah satu mobil offroad yang memiliki desain dan bodi paling indah dibandingkan dengan mobil sejenisnya. Dengan ukuran ban yang besar, Suzuki Jimby memiliki tarikan yang sangat enak pada saat diajak melintasi medan jalan offroad.

Hingga kini, mobil Suzuki Jimny masih digemari oleh banyak orang termasuk dari para pecinta offroad. Entah itu dari kalangan muda hingga kalangan yang sudah berumur. Maka tak jarang walaupun memiliki usia tua, Suzuki Jimny masih tetap digemari dan dijadikan sebagai mobil koleksi yang cukup sulit untuk didapatkan.

Kamu bisa mendapatkan mobil Suzuki Jimny tahun 1987 ini dengan rentang harga mulai dari Rp 60 jutaan saja.

5. Daihatsu Taft Rocky 1986 – 70 Jutaan

Mobil besutan Daihatsu ini memang bisa menjadi salah satu pilihan para offroader dalam memilih tunggangannya. Hal ini dikarenakan Daihatsu Taft Rocky memiliki kakuatan yang sangat mumpuni pada saat dibawa ke medan jalan yang sulit sekalipun.

Mesin yang digunakan Daihatsu Taft Rocky ini berkapasitas 2500 cc dan mampu melewati berbagai macam jalanan curam yang untuk mobil biasa cukup sulit untuk dilewati. Untuk kamu yang memiliki uang dikisaran Rp 70 jutaan, maka kamu bisa mendapatkan mobil ini dengan range harga tersebut.

Sedangkan untuk kamu yang memang memiliki budget lebih tinggi, kamu bisa mendapatkan Daihatsu Rocky editi terbaru dengan kapasitas mesin 4000 cc dan sentuhan teknologi SUV terbaru. Dengan teknologi ini, maka mobil Daihatsu Rocky yang baru memiliki kekuatan yang lebih mumpuni untuk melewati medan jalan yang sangat sulit sekalipun. Kamu bisa memiliki Daihatsu Rocky terbaru ini dengan harga Rp 220 jutaan saja.

Rekomendasi Velg Offroad Berkualitas

Untuk mendukung kegiatan offroad semakin lancar dan mudah, kondisi kaki-kaki mobil sangatlah perlu diperhatikan. Khususnya bagian velg mobil yang fungsinya sangatlah penting. Perlu diketahui bersama, velg mobil merupakan salah satu komponen penunjang keamanan dan kenyamanan yang terpasang pada sebuah mobil.

Selain itu, velg mobil juga memiliki fungsi yang dapat menopang tampilan mobil dari sisi luar agar terlihat lebih ganteng saat digunakan. Melihat fungsinya yang krusial ini, tentu saja perlu ketelitian apabila ingin melakukan modifikasi velg mobil. Beberapa requirements harus diperhatikan sebelum membeli pelek mobil, mulai dari kualitas, aftersales, garansi, hingga brand velg mobil itu sendiri.

HSR Wheel adalah brand velg mobil asli Indonesia yang kiprahnya dalam memenuhi kebutuhan kaki-kaki mobil para pecinta otomotif sudah terbukti kualitasnya. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan pecinta offroad yang membutuhkan kaki-kaki kuat namun dengan model yang apik punya.

Kualitas velg mobil HSR sendiri dibuktikan dengan beberapa sertifikasi uji kelayakan berstandar nasional hingga internasional seperti SNI, VIA, dan JWL. Dengan ratusan model pelek yang ada, maka kamu bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan selera masing-masing. Tidak hanya sampai disitu saja, HSR Wheel pun memiliki layanan aftersales terbanyak di Indonesia. Dengan 80+ dealer resmi yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, konsumen yang ada di pelosok negeri pun mampu merasakan layanan aftersales HSR Wheel secara langsung.

Untuk kamu yang ingin membuat tampilan mobil offroad menjadi lebih ganteng dan juga kuat, maka HSR Wheel bisa dijadikan pilihan untuk keinginan tersebut. HSR Wheel sendiri memiliki banyak varian khusus offroad yang memang didesain khusus dengan kebutuhan medan jalan ekstrem. Berikut beberapa rekomendasi velg offroad HSR Wheel yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dipasang di mobil kesayangan.

1. HSR Beadlock Mokupo Ring 16

HSR Beadlock
HSR Beadlock

Spesifikasi Velg:

Type: HSR Beadlock Mokupo
Ring: R16X10
PCD: H6X139,7
ET: 44
Warna: BLACK

2. HSR Duffy Ring 15

HSR Duffy
HSR Duffy

Spesifikasi Velg:

Type: HSR Duffy
Ring: R15X8
PCD: H5X139,7
ET: 10

3. HSR Radak Ring 16

HSR Radak
HSR Radak

Spesifikasi Velg:

Type: HSR Radak
Ring: R16X8
PCD: H6X139,7
ET: 10

Demikian rekomendasi velg mobil offroad dari HSR Wheel yang bisa kamu pilih dan pasangkan ke mobil kesayangan agar tampil lebih agresif pada saat kegiatan offroad berlangsung. Untuk yang ingin melakukan penggantian velg HSR atau butuh model yang lain, silakan langsung datang saja ke dealer resmi HSR Wheel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui alamat lengkap dari toko velg mobil terdekat HSR di kota mu, silakan langsung berkunjung ke laman HSR Wheel Store. Atau bisa menanyakan langsung ke customer sercive pusat kami dengan menekan tombol WhatsApp di bawah ini. Semoga bermanfaat.

CS HSR Wheel
CS HSR Wheel

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan