Inilah Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa!

Ban Tubeless dan Biasa, Sudahkah Kamu Tahu Perbedaannya

Pada dasarnya, ada beberapa perbedaan antara ban tubeless dan biasa. Nah sebagaimana yang kita tahu bahwa tipe ban sendiri umumnya ada dua, yakni tipe ban biasa (tubetype) dan tipe ban tubeless. Namun, ternyata tidak semua orang mengetahui terkait dengan perbedaan dari kedua tipe ban tersebut.

Perbedaan Ban Tubeless dan Biasa

Dalam hal ini, ada beberapa karakteristik yang menjadi perbedaan antara ban tubeless dan biasa. Oleh karena itu, simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Bentuk Ban

Dari segi bentuk, umumnya ban tube atau ban biasa memiliki bentuk yang menyerupai persegi. Hal ini lah yang membuatnya cukup kesulitan untuk mengontrol kendaraan bila melaju dengan kecepatan tinggi. Nah lain halnya dengan ban tubeless.

Bentuk tipe ban tubeless cenderung lebih bulat sehingga lebih bisa dikontrol dan stabil bila melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Namun, baik ketika menggunakan ban biasa ataupun tubeless, keselamatan dalam berkendara tetap harus menjadi prioritas utama ya. Jangan sampai membahayakan pengendara lainnya.

Material Ban

Sebenarnya, material yang digunakan untuk ban tubeless maupun ban biasa, yakni sama-sama terbuat dari bahan karet buatan atau karet sintesis.  Nah yang membedakannya adalah lapisan fluid sealant yang terdapat pada bagian dalam ban tubeless. Sedangkan pada ban biasa, lapisan ini diganti dengan lapisan yang bernama ban dalam.

Karakter dan Harga Ban

Dari segi karakternya, ban tubeless dinilai lebih kokoh dan juga kuat. Sedangkan untuk ban biasa, diklaim memiliki performa yang cukup baik untuk meredam getaran di jalan. Selain itu, jika kamu bandingkan dengan harganya, dikutip dari beberapa sumber bahwa harga ban biasa lebih murah dibandingkan dengan ban tubeless.

Ketahanan Ban

Nah berkaitan dengan ketahanan ban, tentunya antara satu pengguna dengan pengguna lain akan berbeda-beda. Hal ini biasanya didasarkan pada bagaimana cara pemakaiannya. Namun, bila dibandingkan dengan ban biasa, tipe ban tubeless dinilai lebih awet dari segi ketahanannya.

Hal ini disebabkan karena lapisan fluid sealant yang terdapat pada ban tubeless sehingga bisa menahan udara agar tidak mudah bocor. Akan tetapi, ban tubeless umumnya memiliki masa pakai yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan ban biasa.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *