Kategori: Berita Otomotif

Inilah Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa!

Pada dasarnya, ada beberapa perbedaan antara ban tubeless dan biasa. Nah sebagaimana yang kita tahu bahwa tipe ban sendiri umumnya ada dua, yakni tipe ban biasa (tubetype) dan tipe ban tubeless. Namun, ternyata tidak semua orang mengetahui terkait dengan perbedaan dari kedua tipe ban tersebut.

Perbedaan Ban Tubeless dan Biasa

Dalam hal ini, ada beberapa karakteristik yang menjadi perbedaan antara ban tubeless dan biasa. Oleh karena itu, simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Bentuk Ban

Dari segi bentuk, umumnya ban tube atau ban biasa memiliki bentuk yang menyerupai persegi. Hal ini lah yang membuatnya cukup kesulitan untuk mengontrol kendaraan bila melaju dengan kecepatan tinggi. Nah lain halnya dengan ban tubeless.

Bentuk tipe ban tubeless cenderung lebih bulat sehingga lebih bisa dikontrol dan stabil bila melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Namun, baik ketika menggunakan ban biasa ataupun tubeless, keselamatan dalam berkendara tetap harus menjadi prioritas utama ya. Jangan sampai membahayakan pengendara lainnya.

Material Ban

Sebenarnya, material yang digunakan untuk ban tubeless maupun ban biasa, yakni sama-sama terbuat dari bahan karet buatan atau karet sintesis.  Nah yang membedakannya adalah lapisan fluid sealant yang terdapat pada bagian dalam ban tubeless. Sedangkan pada ban biasa, lapisan ini diganti dengan lapisan yang bernama ban dalam.

Karakter dan Harga Ban

Dari segi karakternya, ban tubeless dinilai lebih kokoh dan juga kuat. Sedangkan untuk ban biasa, diklaim memiliki performa yang cukup baik untuk meredam getaran di jalan. Selain itu, jika kamu bandingkan dengan harganya, dikutip dari beberapa sumber bahwa harga ban biasa lebih murah dibandingkan dengan ban tubeless.

Ketahanan Ban

Nah berkaitan dengan ketahanan ban, tentunya antara satu pengguna dengan pengguna lain akan berbeda-beda. Hal ini biasanya didasarkan pada bagaimana cara pemakaiannya. Namun, bila dibandingkan dengan ban biasa, tipe ban tubeless dinilai lebih awet dari segi ketahanannya.

Hal ini disebabkan karena lapisan fluid sealant yang terdapat pada ban tubeless sehingga bisa menahan udara agar tidak mudah bocor. Akan tetapi, ban tubeless umumnya memiliki masa pakai yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan ban biasa.

Pos Terbaru

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

12 jam lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

2 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

3 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

4 hari lalu

Pakai Ban Beda Merek, Apakah Aman?

Ban adalah salah satu komponen yang perannya sangat penting dalam menunjang keselamatan. Maka, ban yang… Read More

6 hari lalu

Ingin Ganti Wiper? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Wiper adalah komponen yang sangat penting dalam menunjang visibilitas pengemudi, apalagi ketika berkendara dalam cuaca… Read More

7 hari lalu